JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pihak Rizieq Shihab Tolak Permintaan Petugas untuk Tes Swab

Jemaah memadati Jl KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/ 2020) untuk mengikuti acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri dari Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Foto: Tempo.co
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JAKARTA, JOGLOSEMWRNEWS.COM – Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab menolak permintaan petugas keamanan untuk mengikuti tes swab guna memastikan kondisinya.

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI, Aziz Yanuar. Selain karena merasa sehat dan baik-baik saja, penolakan tersebut karena pelaksanaan tes dilakukan di waktu yang tak masuk akal, yakni tengah malam. 

“Kan gila, orang baik-baik aja dicari-cari kesalahannya,” kata Aziz. 

Sebagaimana diketahui, pada Sabtu (21/11/2020l menjelqng tengah malam, sejumlah personel TNI fan Polri.

Kepala Penerangan Kodam Jaya, Letkol Arh Herwin Budi Saputra menjelaskan pihaknya bersama polisi memang tak berencana mengunjungi kediaman Rizieq Shihab pada Sabtu, 21 November 2020, mendekati tengah malam.

Menurut Herwin, kunjungan yang tujuannya meminta Rizieq melakukan test swab itu merupakan inisiatif dari anggota Babinsa TNI dan Bhabinkamtibmas Polri. 

Baca Juga :  Penanganan Terus Bergulir, KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi Asuransi Jasindo

“Kami kalau kunjungan itu, tidak ada dalam program,” ujar Herwin saat dihubungi Tempo, Minggu (22/11/2020).

Namun, Herwin memastikan aparat keamanan yang melakukan kunjungan ke kediaman Rizieq menjelang tengah malam itu memang sedang melakukan patroli kesehatan.

Selain TNI dan Polisi, ia memastikan pihak Pemprov DKI juga ikut terlibat dalam patroli tersebut.  

“Saat patroli kan dibagi beberapa tim, ada satu yang mampir untuk melihat kondisi kesehatan HRS,” ujar Herwin. 

Pada Sabtu malam kemarin, beberapa orang berpakaian polisi dan TNI mendatangi rumah Rizieq Shihab di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Baca Juga :  Polri Sebut, Penurunan Baliho Rizieq Shihab Karena Langgar Perda dan Mengandung Unsur Provokasi

Mereka datang untuk meminta Rizieq dan warga lainnya segera melakukan test swab. 

Namun, aparat keamanan gagal menemui Rizieq dan hanya bertemu dengan warga setempat yang dipanggil Ustad Yono. Petugas kemudian menyampaikan tujuannya dan meminta agar disampaikan ke Rizieq Shihab. 

“Selanjutnya Ustad Yono akan menyampaikan melalui sekertariat DPP FPI,” kata Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Singgih Hermawan. 

Diketahui, sejak kepulangannya dari Arab Saudi pada Selasa, 10 November 2020, Imam Besar FPI Rizieq Shihab memang mengadakan hajatan besar dan menghadiri acara yang diikuti ribuan orang.

Usai mengikuti banyak agenda selama sepekan penuh, berhembus kabar bahwa Rizieq jatuh sakit.

Namun DPP FPI membantah isu tersebut dan mengatakan pimpinan mereka dalam keadaan baik-baik saja.

www.tempo.co