JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Protein Sangat Penting Bagi Tubuh, ini 4 Makanan yang Direkomendasikan Ahli Gizi

Ilustrasi daging merah. Foto: pixabay.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Protein merupakan salah satu zat gizi yang paling dibutuhkan oleh manusia. Oleh karenanya kebutuhan protein dalam tubuh manusia harus dipenuhi dalam pola makan sehari-hari.

Hal itu diungkapkan oleh Ahli Gizi Nicoletta Bocchino.

Protein terlibat dalam proses metabolisme yang memungkinkan Anda mendapatkan energi,” jelas Bocchino, dilansir di laman Lacucinaitaliana, Sabtu (21/11),

Bocchino merekomendasikan empat makanan sumber protein yang baik dikonsumsi.

Daging ayam tanpa lemak

Daging ayam dan kalkun adalah sumber protein yang baik. Daging ini lengkap dengan semua asam amino esensial.

“Dibandingkan dengan daging merah yang harus dikonsumsi sekali atau dua kali sepekan, lemaknya lebih sedikit. Daging ayam menyediakan vitamin B12 dan zat besi, penting untuk produksi sel darah merah yang kekurangannya dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan,” kata Bocchino.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Telur

Telur adalah makanan yang sering disingkirkan dari makanan karena dianggap berbahaya. Padahal, anggapan ini salah. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, yakni dua sampai empat butir telur rebus per pekan, telur justru menyehatkan.

“Telur mengandung protein yang kaya akan asam amino esensial yang mendorong produksi glutathine, serta antioksidan kuat. Telur juga mengandung Omega 3 dan mineral seperti tembaga dan seng, penting untuk berfungsinya sistem saraf dengan benar,” kata Bocchino.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Ikan

“Ikan juga merupakan sumber protein yang baik, yang dapat dikonsumsi bahkan empat kali sepekan,” kata Bocchino.

Menurutnya, ikan jenis bluefish, seperti sarden, herring, anchovies, dan salmon juga sangat kaya akan Omega 3. Ikan juga mengandung asam lemak esensial yang mengandung antiinflamasi, sangat baik untuk otak dan jantung yang sehat.

Kacang-kacangan

Kacang, buncis, lentil, kacang polong diasosiasikan dalam makanan yang sama seperti biji-bijian. Makanan ini mengandung protein lengkap. Kacang-kacangan ini juga rendah lemak dan kolesterol.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com