JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Saat Terlelap Tidur, Mendadak Longsor Menerjang Rumah Surojiyono di Karangpandan Karanganyar. Begini Kondisinya!

Kondisi Longsor di Karangpandan, Karanganyar. Foto/Beni
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Memasuki hujan tiga hari terakhir bencana tanah longsor mulai terjadi di daerah rawan di Kabupaten Karanganyar, Jateng, Senin (02/11/2020) sekitar.

Kali ini terjadi di Dusun Gero Rt 02/06, Desa Karang, Karangpandan yakni tanah longsor menimpa sebagian rumah warga Surojiyono (55), untung tidak ada korban.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM di lokasi diketahui tanah longsor terjadi pada pukul 02.00 WIB saat warga tertidur lelap.

Saat itu hujan gerimis terus menerus tanpa henti hingga akhirnya mengikis kekuatan tanah tebing dan jatuh kebawah mengenai sebagian rumah milik Surojiyono.

Baca Juga :  10 Pimpinan Perusahaan di Karanganyar Dipanggil Kejaksaan. Sebagian Mulai Keder, Nekat Ingkari Janji, Sanksi Pidana Menanti!

Spontan warga sekitar panik karena mendengar suara gemuruh tanah longsor. Warga pun bergotong royong menyelamatkan anggota keluarga Surojiyono untuk dievakuasi keluar rumah.

Kades Karang Dwi Purwanto mengatakan pihak pemdes bersama warga bergerak cepat mengatasi longsor tersebut.

“Begitu kami mendapat laporan warga maka pada saat itu
juga dilakukan gotong royong penyelamatan,” paparnya.

Karena aman tidak ada korban luka apalagi meninggal dunia maka warga langsung membersihkan material yang mengenai rumah korban. Namun keluarga korban diminta waspada jika kemungkinan terjadi longsor susulan.

Baca Juga :  Nasib Pilu Kasini, Ditinggal Pergi Siang Hari, Rumahnya Malah Ambruk Diterjang Angin Puting Beliung

Adapun jumlah kerugian material ditaksir Rp 10 juta karena terdapat sebagian rumah yang rusak.

Sementara itu Kasatlak Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Karanganyar Sundoro mengatakan sudah lakukan monitoring perihal bencana longsor tersebut.

“Pada dinihari itu juga BPBD sudah lakukan pengawasan dan menuju lokasi untuk turut melakukan evakuasi,” tandasnya.

BPBD lanjut Sundoro sudah menghimbau waspada penuh saat hujan malam hari karena berpotensi longsor terutama di daerah rawan. Beni Indra