JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sambut Kepulangan Rizieq Shihab, Lebih dari 1.800 Anggota FPI Jawa Timur Tiba di Jakarta

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Foto: TEMPO/Subekti via Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Rencana kepulangan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ke Indonesia diprediksi bakal disambut ribuan anggotanya yang datang dari berbagai daerah. Bahkan, sekitar 1.800 anggota FPI dari wilayah Jawa Timur dikabarkan sudah tiba di Ibu Kota.

Hal tersebut disampaikan Ketua FPI Jawa Timur, Mahdi al-Habsyi, yang mengungkapkan mengerahkan anggota untuk menyambut kepulangan Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno–Hatta, pada Selasa (10/11/2020) pekan depan. Bahkan menurutnya, sudah lebih dari 1.800 orang yang berkumpul di Jakarta.

“Insya Allah kami ikut menyambut kedatangan Habib Rizieq. Sebagian besar (anggota) sudah di Jakarta, dan jumlahnya dengan simpatisan 1.800 lebih,” kata Mahdi saat dihubungi Tempo.co, Sabtu (7/11/2020).

Baca Juga :  Rizieq Shihab Tak Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya, Kuasa Hukum FPI Tegaskan Bukan Mangkir: Masih dalam Masa Pemulihan Kesehatan

Menurut Mahdi, FPI Jawa Timur tidak secara khusus mengkoordinir keberangkatan anggota ke Jakarta. Karena itu pihaknya tidak dapat secara pasti memantau anggota yang berangkat. “Berangkat sendiri-sendiri, ada yang sudah ke Jakarta sejak pekan lalu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Syura FPI Jawa Timur, Haidar al-Hamid mengimbuhkan, massa yang akan menyambut kepulangan Rizieq Shihab tidak hanya berasal dari anggota FPI, melainkan juga dari sejumlah organisasi.

“Saya rasa tidak hanya FPI, tapi lebih-lebih seluruh umat Islam yang mecintai Habib Rizieq dari mana pun asalnya, akan berangkat menyambut beliau,” kata Haidar.

Baca Juga :  FPI Tegaskan Rizieq Shihab Sudah Jalani Tes Swab, tapi Tak Ingin Rekam Medis Dipublikasikan

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD telah menyampaikan bahwa pemerintah sudah menyiapkan pengamanan secara reguler guna mengantisipasi adanya kerumunan massa yang diperkirakan bakal menyambut kepulangan pemimpin FPI tersebut.

Mahfud pun mengingatkan agar massa tetap menjaga ketertiban dan mentaati protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini. “Karena Habib Rizieq Shihab itu mau pulang dengan revolusi akhlak, nah kalau membuat kerusakan bukan pengikut Rizieq, kami sikat,” ujar Mahfud dalam keterangannya, Kamis (5/11/2020) lalu.

www.tempo.co