JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Terungkap, Warga Karanganyar Ternyata Menilai Aduan Lebih Cepat Terespon di Grup Medsos IWK daripada Aduan Resmi. Pemkab Minta Laporan Masyarakat yang Sensitif Harus Segera Direspon!

   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Team aduan diharapkan harus bertindak cepat dalam hal menanggapi dan meneruskan kepada OPD berwenang.

Hal ini sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan masyarakat dibidang informasi. Pada kesempatan tersebut, juga diperkenalkan SPN4LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional  dan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

Hal itu terungkap dalam rapat aduan  Pemerintah Kabupaten Karanganyar digelar di ruang Podang Setda, Senin (09/11/2020).

“Laporan itu bersifat sensitif dan harus segera ditindaklanjuti. Sehingga diharapkan team aduan merespon dengan cepat apa yang menjadi aduan dari masyarakat,” papar Kepala Bidang IKP, Teguh Triyono mewakili Kepala Dinas Kominfo Sujarno.

Dalam kesempatan tersebut disosialisasikan SPN4Lapor dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Mardiana.

Menurutnya, dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan pengaduan melalui SP4N-LAPOR! berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 62 Tahun 2018 Tentang Pedoman Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan Hasil tindak lanjut atas Surat Gubernur dalam rangka menindaklanjuti Surat Menteri PANRB Nomor B/51/M.PP.03/2019 tentang Tindak Lanjut Pemantauan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Berdasarkan Platform Nasional Aplikasi LAPOR.

“Sehubungan hal di atas, kami menyelenggarakan pendampingan intensif pengelolaan SP4N-LAPOR!. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan bimbingan teknis LAPOR! versi 3.0 dan mendorong rencana aksi Pengelolaan SP4N-LAPOR,” tambahnya

Sementara Kasi Sumber Daya Komunikasi, Bidang IKP Diskominfo, Kristiana Dwi Kartiningsih mengharapkan personel team aduan untuk tidak sering gonta ganti.

Dengan seringnya bergantian personel menyebabkan SK Bupati mengenai team PDF belum jadi. Dia berharap team PDF bisa kompak dan merespon aduan dengan cepat.

Sementara salah satu anggota team PDF, Edy dari bagian pemerintahaan mengatakan bahwa masyarakat cenderung lebih mengenal Info Warga Karanganyar (IWK) daripada SPN4Lapor. Bahwa, di IWK cepat direspon.

Menanggapi hal tersebut, Kasi PSDKI mengatakan SPN4Lapor ini masih tergolong baru.

Meskipun Karanganyar sendiri sudah punya kanal aduan IG, WEB, facebook, Website, Sapamas, dan Twiter, namun pihaknya akan gencar melakukan sosialisasai SPN4Lapor. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com