JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Profil Budi Gunadi Sadikin, Wamen BUMN yang Ditunjuk Jokowi Gantikan Terawan sebagai Menteri Kesehatan

Budi Gunadi Sadikin. Foto: TEMPO/M Taufan Rengganis via Tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Presiden Joko Widodo telah mengumumkan sejumlah pejabat menteri baru, Selasa (22/12/2020). Selain dua nama yang akan mengisi kekosongan dua jabatan menteri, ada empat pejabat menteri yang diganti. Salah satunya adalah Terawan Agus Putranto yang digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Sosok Budi Gunadi Sadikin sebenarnya bukan orang baru di kabinet Indonesia Maju. Sebelum dipercaya menjabat sebagai Menteri Kesehatan, ia adalah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Penunjukan Budi Gunadi pun tampaknya sudah dipersiapkan sejak bulan Oktober lalu. Namanya sempat muncul setelah Menteri Sekretaris Negara, Pratikno memintanya untuk berdiskusi dengan beragam kalangan yang bergerak di bidang kesehatan, sepulang dari Jenewa dan London untuk melobi sejumlah produsen vaksin Covid-19,

Baca Juga :  Bongkar Pasang Kebijakan Impor, Peneliti Indef:  Bukti  Pemerintah Kurang Sejalan dan Tidak Konsisten

Selain di pemerintahan, Budi Gunadi juga memiliki rekam jejak panjang di dunia perbankan. Bergabung dengan PT Bank Bali Tbk, Ia dipercaya memegang beberapa jabatan, termasuk Chief General Manager Regional Jakarta.

Setelah Bank Bali, ia pernah menjabat sebagai Director of Consumer and Commercial Banking (Senior Vice President) untuk ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia.

Selepas dari ABN AMRO Bank, Budi bergabung dengan PT Bank Danamon Tbk sebagai Head of Consumer Banking (Executive Vice President). Ia juga sempat menjadi Direktur Adira Quantum Multi Finance.

Baca Juga :  Analisis Pakar: Kaesang Bisa Menjadi Lawan Kuat PDIP di Pilgub Jateng 2024

Pada 2006 Budi bergabung dengan Bank Mandiri sebagai Direktur Mikro dan Retail Banking. Kemudian, ia dipercaya menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri mulai tahun 2013 hingga Maret 2016.

Setelah menyelesaikan masa jabatannya di Bank Mandiri, Budi kemudian menjabat sebagai Senior Advisor Menteri Badan Usaha Milik Negara dari 2016 hingga 2017. Kemudian, Budi Gunadi diangkat sebagai Direktur Utama Inalum sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com