JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Rumah Sakit Overload, Puluhan Pasien Covid-19 Terpaksa Dirawat di Mobil Ambulance di Tempat Parkir

Ilustrasi virus corona. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ledakan jumlah pasien Covid-19 tak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di dunia.

Bahkan di Irlandia Utara, ada pasien Covid-19  terpaksa dirawat di dalam mobil ambulans di tempat parkir, karena rumah sakit pada hari Selasa (16/12/2020 overload.

Menurut seorang pejabat kesehatan setempat, hal itu terjadi karena rumah sakit sudah tidak memiliki lagi ruang rawat untuk pasien corona.

Wilayah yang dikelola Inggris itu telah memberlakukan lockdown beberapa kali sejak pertengahan Oktober ketika Irlandia Utara menjadi salah satu wilayah yang dihantam Covid-19 terburuk di Eropa.

Lockdown terbaru dicabut minggu lalu, ketika semua toko, restoran, dan pub yang menyajikan makanan diizinkan untuk buka kembali.

Semenjak itu kasus Covid-19 telah meningkat dalam sepekan terakhir dan berada di titik tertinggi di Antrim Tengah dan Timur, dekat Rumah Sakit Area Antrim tempat media Irlandia RTE menunjukkan rekaman ambulans yang mengantre dengan dengan pasien, seperti dikutip dari Reuters, 16 Desember 2020.

Baca Juga :  Ini Prediksi Dampak Pelantikan Joe Biden Bagi Indonesia

“Kami memberikan perawatan di tempat parkir,” kata Wendy Magowan, direktur medis dari Northern Health and Social Care Trust, yang mengelola rumah sakit di daerah tersebut, kepada BBC Radio Ulster.

“Mereka memiliki berbagai tingkat pasien yang sakit. Selama saya berdiri di sini, saya dapat melihat dokter dan perawat masuk dan keluar dari bagian belakang ambulans. Mereka memberikan perawatan di belakang ambulans.”

Penduduk setempat yang membutuhkan perawatan segera di Rumah Sakit Area Antrim dan Rumah Sakit Causeway, diberitahu sebelumnya pada hari Selasa untuk tidak masuk ke bagian gawat darurat, tetapi sebaliknya menelepon terlebih dahulu untuk meminta saran ke mana harus pergi.

Direktur medis Layanan Ambulans Irlandia Utara yang dikutip oleh BBC mengatakan ambulans telah antre di luar semua departemen uni gawat darurat di kawasan itu.

Baca Juga :  Setelah Belasan Tahun Lewat, Kejaksaan Amerika Tetapkan Hambali Sebagai Tersangka Bom Bali

Kepala enam perwalian perawatan kesehatan Irlandia Utara memperingatkan pada hari Senin tentang risiko rumah sakit jika terjadi lonjakan Covid-19 lebih lanjut pada bulan Januari.

Kapasitas rumah sakit di seluruh provinsi mencapai 104% pada hari Selasa, dengan perawatan non-Covid dibatasi.

Menteri Kesehatan Irlandia Utara Robin Swann akan mengusulkan langkah-langkah baru kepada pemerintah yang akan diumumkan pada hari Kamis.

Dua partai utama pemerintahan, Sinn Fein dan Partai Persatuan Demokratik (DUP), menentang lockdown Covid-19 sebelumnya, sehingga memperlambat respons darurat di sana. Sinn Fein mengatakan pada Selasa bahwa tindakan diperlukan.

Anggota parlemen DUP dan wakil ketua komite kesehatan Irlandia Utara, Pam Cameron, mengatakan rekaman antrean ambulans di luar rumah sakit mengejutkan dan mendesak orang-orang untuk menjalankan tanggung jawab pribadi untuk memperlambat penyebaran Covid-19.

www.tempo.co