JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Untuk Jangkau Pemilih di 2024, Eep Sarankan Permainan PPP Harus Menyentuh Rumah per Rumah

Suharso Monoarfa secara aklamasi terpilih sebagai ketua umum Partai Persatuan Pembangunan periode 2020-2025 dalam Muktamar IX PPP, Sabtu malam, 19 Desember 2020 / tempo.co
   
Suharso Monoarfa secara aklamasi terpilih sebagai ketua umum Partai Persatuan Pembangunan periode 2020-2025 dalam Muktamar IX PPP, Sabtu malam, 19 Desember 2020 / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Tak mudah bagi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk menjaring pemilih di 2024. Karena itu, konsultan politik dari PolMark Indonesia, Eep Saefulloh Fatah menyarankan agar partai berlambang ka’bah itu menggunakan strategi dari rumah ke rumah.

“Permainan partai harus sampai ke rumah-rumah pemilih, dengan begitu PPP punya peluang dipilih,” kata Eep dalam penutupan Muktamar PPP, Minggu (20/12/ 2020).

Eep mengatakan, ada 4 kelompok yang akan menentukan pilihan seseorang. Kelompok ini adalah diri sendiri, keluarga, ketua RT/RW, dan tetangga.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

Berdasarkan survei lembaganya pada 9-20 November 2020, responden yang menjawab tergantung dirinya sendiri dalam menentukan pilihan sebanayk 62,1 persen.

Kemudian, yang menjawab tergantung keluarga 15,9 persen, tergantung ketua RT/RW 2,2 persen, dan tergantung tetangga 2,1 persen.

“Kalau empat kelompok digabungkan disebut lingkungan politik mikro. Lingkungan politik terkecil di mana pemilih menentukan pilihannya,” kata dia.

Jika PPP tidak menjangkau pemilih sampai ke rumah-rumah, Eep menilai partai berlambang ka’bah tersebut tidak akan punya kesempatan dan peluang elektoral.

Baca Juga :  Ini Deretan Kontroversi Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Termasuk Kasus Dugaan Asusila

“Kalau kita menjauh dari lingkungan itu maka kita tidak masuk ke radar penentuan pilihan elektoral para pemilih kita,” ujarnya.

PPP sebelumnya menargetkan hasil Pemilu 2024 melebihi capaian Pemilu 1999. Untuk mencapainya, Ketua Umum PPP 2020-2025 Suharso Monoarfa menyewa jasa PolMark yang dipimpin Eep sebagai konsultan politik sampai 2024.

Pada Pemilu 1999, PPP meraih suara sebanyak 11.329.905. Pemilu 1999 juga kerap disebut-sebut sebagai masa gemilang partai berlambang ka’bah ini. Namun, setelah itu, suara PPP terus menurun.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com