JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

16 Jam Ditandu dari Puncak Lawu, Rina Pemilik Warung Mas Robert Berhasil Dievakuasi Sampai Bawah. Kondisinya Kritis dan Memprihatinkan, Langsung Dilarikan Puskemas Tawangmangu

Tim relawan saat berjuang menandu Rina dari puncak Lawu, Selasa (5/1/2021). Foto/Relawan
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Setelah menempuh waktu 16 jam melalui jalan setapak licin karena hujan, akhirnya Rina (50) pemilik warung Mas Robert di puncak Gunung Lawu berhasil dievakuasi.

Sesampai di bawah, Rina yang kondisinya drop langsung dilarikan ke Puskesmas Tawangmangu. Ia sudah dua hari sakit di Puncak Lawu.

On Scene Commander (OSC) Basarnas Surakarta, Tri Puji Sugiharto mengatakan meski evakuasi sempat terhambat cuaca hujan dan jalanan licin.

Namun evakuasi tetap berjalan dan datang seperti yang diperkirakan yakni sekitar pukul 15.30 WIB. Artinya tim relawan yang melakukan evakuasi dan mengkondisikan korban agar segera sampai bawah.

Baca Juga :  Gunung Ruang Meletus 828 Warga Dievakuasi

“Bahkan kalau dihitung-hitung waktu kedatangan lebih cepat sekitar 15 menit dari yang diperkirakan,” tandasnya pada JOGLOSEMARNEWS, Selasa (05/01/2021).

Pihaknya memberikan apresiasi mendalam terhadap kecepatan dan kesiagaan para relawan.

Adapun kondisi korban yang sakit hipertensi diketahui cukup kritis karena juga mengalami kedinginan menyusul dua hari ini cuaca di Gunung Lawu cukup ekstrim.

“Hasilnya seperti apa kita belum tahu apakah cukup dirawat di Puskesmas atau dirujuk ke rumah sakit,” ujarnya.

Baca Juga :  Gunung Ruang Meletus 828 Warga Dievakuasi

Sebelumnya, sebanyak 50 personel relawan dari berbagai unsur tengah melakukan proses evakuasi terhadap Rina (50) pemilik warung makan “Mas Robert” di puncak Gunung Lawu yang mengalami sakit hipertensi di puncak Lawu sejak Sabtu (02/01/2021) dan baru dievakuasi Selasa (05/01/2021).

Hampir 10 lembaga relawan mengirimkan orang untuk bersatu dalam tim yang dikomandani Basarnas Surakarta. Kesepuluh lembaga itu diantaranya Basarnas, BPBD, MDMC, PMI dan lembaga lainnya. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com