JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

3.874 Tenaga Kesehatan Sragen Sudah Disuntik Vaksin Covid-19. Bupati Klaim Tak Ada Nakes Menolak, Sementara di Posisi Ketiga Jateng

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat mendapat suntikan vaksin covid-19, Senin (24/1/2021). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk kelompok tenaga kesehatan (nakes) di Sragen menunjukkan grafik positif.

Pasalnya, hingga kini, jumlah nakes yang sudah tervaksinasi mencapai 77,8 persen. Pencapaian itu dinilai menjadi peringkat ketiga di Jateng saat ini.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan Hingga Kamis (28/1/2021) total sudah sebanyak 3.874 nakes yang sudah divaksin.

Jika dipersentase, mereka yang sudah tervaksin mencapai 77,8 persen. Dengan capaian tersebut, untuk sementara Sragen menempati peringkat ketiga kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah untuk kategori nakes yang sudah divaksin.

“Capaian per kemarin 77,8 persen peringkat ketiga di Jateng. Pertama Kota Pekalongan, kedua Kota Surakarta, ketiga Kabupaten Sragen,” papar Bupati kepada wartawan, Jumat (29/1/2021).

Dari data di DKK, jumlah nakes di Sragen yang terdata untuk melakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak 5.009 teregister Nakes.

Baca Juga :  Prestasi Gemilang Bintang Lima dan Terbaik TOP BUMD Awards 2024: Inilah Bukti Keunggulan RSUD dr. Soeratno Gemolong Sragen

Dari jumlah itu, masih ada 1.135 nakes yang hingga kini belum vaksin. Menurut bupati, nakes yang belum divaksin tersebut sebagian tertunda karena memang tidak bisa dilakukan vaksinasi.

Di antaranya mereka yang tensi tinggi, hamil, menyusui hingga yang sudah pernah tekonfirmasi Covid-19.

Namun juga ada Nakes yang tidak hadir ketika jadwal vaksinasi Covid-19 Sinovac yang dilakukan sejak Selasa-Kamis (26-28/1/2021) yang ditargetkan Pemkab Sragen.

“Itu data per kemarin, hari ini belum. Harusnya hari ini semoga tambah. Orang yang tensi tinggi itu saja minta segera diobati dan segera divaksin Covid-19,” katanya.

Yuni menyebut sejauh ini tingkat kesadaran Nakes untuk melakukan vaksinasi Covid-19 cukup tinggi. Ia mengklaim tidak ada nakes yang menolak divaksin.

Selain itu kepercayaan publik terhadap vaksin ini dikatakannya tinggi. Dengan 10 tokoh masyarakat divaksin Covid-19 terlebih dahulu hal itu dinilai berdampak pada kepercayaan masyarakat terlebih Nakes.

Baca Juga :  Ramadhan di Sragen: Patroli Gabungan Samapta Polres Sragen dan Polsek Cegah Balap Liar dan Knalpot Brong

“Kami memberikan contoh, ada beberapa kelompok masyarakat yang belum masuk kategori untuk divaksin semua sudah bertanya giliran kami kapan? berarti kan animonya tinggi, tidak ada yang menolak,” katanya.

Selain itu Yuni mengklaim management pengelolaan yang dibuat bagus. Para nakes yang terdaftar sebelum jadwal keluar, para Nakes sudah diberitahu terlebih dahulu.

Sehingga tidak ada Nakes yang terlewat. Bahkan para nakes sudah mulai antri untuk vaksinasi sejak dari pagi.

“Kemudian seperti di rumah sakit swasta di tempat kami h-1 sudah diminta segera mengambil vaksin. Terus kemudian sangat diperhatikan, semisal vaksin jam 12 jam 1 sudah harus ada report,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com