Foto/Teras.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Status Gunung Raung di Jawa Timur naik dari Normal (Level 1) menjadi Waspada (Level 2) mulai hari ini, Kamis siang, 21 Januari 2021, pukul 13.00 WIB Peningkatan status disebabkan aktivitas vulkanis gunung itu yang berupa emisi abu. Pada Kamis, emisi itu terukur membentuk kolom sekitar 400 meter dari mulut kawah.

“Belum membahayakan, asal masyarakat jangan mendekat ke daerah puncak. Radius bahaya kami berikan 2 kilometer, atau 500 meter dari bibir kawah,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kasbani, saat dihubungi Tempo, Kamis, 21 Januari 2021.

Baca Juga :  Laka Pesawat Rimbun Air di Papua, 3 Awak Akhirnya Ditemukan Dalam Kondisi Tewas

Kasbani mengatakan, Gunung Raung memiliki kawah relatif besar dengan diameter menembus 2 kilometer dengan kedalaman menembus 500 meter. Biasanya, lontaran material yang terjadi akibat letusan Gunung Raung hanya terkumpul di dalam kawahnya itu.

Baca Juga :  Melahirkan di Dalam Toilet, Siswi SMP Buang Bayinya ke Dalam Sumur

“Kawahnya dalam, dan cukup luas,” kata dia.

Advertisement

Dia menambahkan, PVMBG masih terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Raung. Jika ditemukan terjadi eskalasi ancaman, status siap diperbarui lagi.

“Kalau sekarang aktivitasnya relatif masih kecil, hanya berupa embusan.”

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua