JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Geger Fenomena Angin Puting Beliung di Atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Berukuran Besar Beputar 15 Menit, Begini Kata Kepala BPBD Wonogiri

Tangkapan layar video angin puting beliung di atas WGM Wonogiri. Istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fenomena angin puting beliung dengan ukuran cukup besar muncul di atas Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri, Rabu (20/1/2021).

Angin yang kerap disebut lesus itu berputar-putar cukup lama di atas perairan WGM. Video penampakan angin puting beliung itu menyebar cepat melalui medsos.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto menyebutkan, angin puting beliung muncul sekitar 10-15 menit. Pertama terlihat sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca Juga :  Panen Semangka Baby Black Sweet Bupati Joko Sutopo Ajak Petani Budidayakan Hortikultura, Ternyata Begini Latar Belakangnya

“Paling seperempat jam,” beber dia.

Kali pertama angin terlihat di atas perairan sekitar Desa Sendang Kecamatan Wonogiri. Selanjutnya bergerak ke arah barat lantas ke selatan.

“Setekah ke arah selatan, angin kemudian hilang. Jadi hanya muncul di atas perairan, tidak sampai ke daratan apalagi pemukiman warga,” tegas dia.

Tidak ada laporan kerusakan apapun akibat peristiwa itu. Mengingat terjadi di atas perairan waduk. Hanya saja sempat membuat khawatir warga dan nelayan sekitar.

Baca Juga :  Begini Contoh Mitigasi Bencana yang Dilakukan di Sepanjang Aliran Sungai Kecamatan Selogiri Wonogiri,Ternyata Tidak Sekedar Resik-resik Kali

“Kondisi saat ini kawasan waduk hujan deras. Untuk fenomena angin puting beliung itu memang sering muncul setiap tahun, di atas waduk munculnya,” jelas dia.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sendang, Sukamto, angin tersebut muncul sekitar pukul 16.00 WIB. Angin terpantau besar dan cukup lama. Aria