JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Razia Gabungan Rutan Solo-Polresta Surakarta, Petugas Temukan Handphone hingga Senjata Tajam

Tim gabungan Polresta Surakarta dan Rutan Klas I A Solo melakukan razia di dalam Rutan Jumat (29/1/2021), malam. Foto: JSNews/Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemberantasan narkotika dan barang berbahaya terus dilakukan jajaran Rutan Kelas IA Surakarta. Tak tanggung-tanggung, mereka menggelar razia besar-besaran dengan menggandeng Polresta Surakarta, Jumat (29/1/2021).

Jajaran kepolisian sendiri terdiri dari Sat Narkoba, serta Sat Sabhara dengan petugas bersenjata laras panjang. Dari pantauan JOGLOSEMARNEWS.COM , setidaknya ada tiga truk pasukan yang merapat ke Rutan yang berada di Jalan Slamet Riyadi itu.

Dari pantauan di lapangan, personel Polresta Surakarta tiba di lokasi sekitar pukul 19.30 WIB. Setelah apel, tim gabungan itu langsung menyisir setiap sudut sel.

Bersama tim dari Rutan Surakarta, mereka menyisir seluruh sel di Blok C yang ditempati tahanan umum dan beberapa narapidana narkotika.

Baca Juga :  100 Hari Kepempimpinan Kapolri Listyo Sigit, Pendiri Diwa Center Beri Sejumlah Catatan

Petugas juga menggunakan alat metal detektor. Sementara warga binaan dikumpulkan di depan kamar.

Dari hasil razia yang dilakukan, berhasil ditemukan sejumlah barang terlarang. Diantaranya senjata tajam, korek, handphone, gunting, kabel charge dan masih banyak yang lain.

“Razia dan sidak rutin ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk mencegah, mengantisipasi peredaran narkoba dan penyelundupan barang berbahaya lainnya. Tentu saja razia seperti ini terus kami lakukan,” kata Kepala Rutan (Karutan) Kelas IA Surakarta, Urip Dharma Yoga usai sidak.

Urip menjelaskan, pihaknya terus berkomitmen bersama jajaran Polresta Surakarta yang telah berkontribusi untuk turut mengantisipasi peredaran narkotika di dalam Rutan.

“Kami akui, bahwa personel sedikit, sehingga butuh back-up dari kepolisian khususnya Sat Narkoba dan Sabhara Polresta Solo,” jelasnya.

Baca Juga :  Libur Lebaran, KRL dan KA Lokal Tetap Beroperasi, Ini Jadwalnya

Selain memeriksa setiap sudut kamar, sejumlah warga binaan secara random dicek urin. Hasilnya tidak ditemukan warga binaan yang positif.

Terkait razia tersebut, pihak Rutan menyerahkan barang hasil razia khususnya handphone ke Satr Narkoba Polresta Solo untuk ditindlanjuti.

Sementara Kasat Narkoba Polresta Surakarta, Kompol M Rikha Zulkarnaen mengatakan, pihaknya terus bersinergi dengan Rutan Kelas IA Kota Solo dalam pemberantasan narkotika.

“Ini langkah yang baik, dalam antisipasi pemberantasan narkoba di tempat yang jarang tersentuh. Kami mengapresiasi, langkah koordinasi ini supaya tidak terjadi peredaran narkoba yang dikendalikan di dalam Rutan,” tegas mantan Kapolsek Banjarsari tersebut. Prabowo