JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Teror Ratusan Tawon Vespa Mengamuk di Pasar Gading Tanon. Sejumlah Nenek dan Pengunjung Pasar Jadi Korban, Warga Resah Karena Sarangnya Raksasa dan Bersemayam di Atas Musala

Lokasi sarang raksasa tawon Vespa di Musala Pasar Gading yang mengamuk dan banyak menyengat warga. Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Serangan tawon vespa kembali meresahkan warga. Kali ini, kemunculan tawon vespa yang bersarang di atas genteng Musala Pasar Gading, Tanon, Sragen menimbulkan keresahan.

Pasalnya sudah banyak warga dan pengunjung pasar yang terkena sengatan saat salat di Musala.

Musala itu berada Pasar Proliman, Desa Gading, Kecamatan Tanon, Sragen. Sengatan salah satunya terjadi hari ini, Rabu (13/1/2021).

“Tadi barusan ada warga pengunjung pasar di sengat tawon vespa. Ada ratusan tawon terlihat menyebar di lokasi pasar. Beberapa warga yang mendekat di musala dan di tempat tukang pandai arit dan pacul ada yang disengat lebah ini, mohon segera di tanggapi,” tulis Rika dalam akun FB miliknya.

Pantauan langsung di lapangan, memang benar sarang tawong raksasa itu berada di atas genteng salah satu musaa tersebut. Keberadaan sarang dengan diperkirakan ratusan tawon itu memang membahayakan warga dan pengunjung pasar.

Baca Juga :  Berikut Daftar 15 Warga Sragen yang Positif Terpapar dan Meninggal Dunia Hari Ini. Dari Bocah 2 Tahun dari Karangmalang Sampai Kakek 90 Tahun asal Tanon

Arif salah satu pedagang Pasar Proliman, Gading kepada JOGLOSEMARNEWS.COM menyampaikan bahwa sudah ada beberapa warga pengunjung pasar di serang tawon vespa di Musala itu.

“Iya sudah ada, maunya ada yang segera mengevakuasi. Kemarin sudah diomongkan sama pihak pengelola pasar katanya mau di laporkan ke pihak pemadam tapi sudah beberapa hari sampai saat ini tidak datang datang,” jelasnya, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya sudah beberapa lansia dan pedagang pasar jadi korban keberadaan tawon Vespa.

“Sudah ada yang di sengat kemarin tukang pandai arit dan pacul ini kemarin di kroyok tawon tersebut sama mbah kakung pengunjung pasar tadi.
Ini sudah mubal mas tawonnya takut ada korban di sengat tawon lagi di pasar sini,” bebernya.

Baca Juga :  38 Warga Sragen Positif Terpapar dan 1 Meninggal Dunia Hari Ini. Jumlah Kasus Meroket Jadi 4.052, Sembuh 3.499, Meninggal Dunia 240 Orang

Serangan tawon Vespa tak bisa dipandang sebelah mata. Catatan JOGLOSEMARNEWS.COM , tawon Vespa sudah beberapa kali menyerang dan merenggut korban nyawa.

Seperti diberitakan tahun lalu,
nasib malang dialami seorang nenek bernama Ngatinem (55) warga Dusun Dukuh RT 8 Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen.

Ia tewas setelah tersengat tawon Vespa saat mencari rebung atau bambu muda yang berada tidak jauh dari rumahnya pada 1 Desember 2018.

Kejadian bermula saat Ngatinem yang tinggal di perkampungan ingin memasak sayur rebung, untuk di makan bersama anggota keluarga yang lain.

Saat itulah Ngatinem pergi ke kebun, yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Saat mencari rebung tersebut, nenek 50an tahun tersebut malah terserang segerombolan hewan lebah, atau masyarakat menyebutnya dengan tawon usuk.

Sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tak terselamatkan. Wardoyo