JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Vaksin Covid-19 di Solo Mulai Diedarkan, Bhabinkamtibmas, Babinsa hingga Limnas Diminta Beri Edukasi ke Masyarakat

10.609 vaksin Sinovac tiba di Kota Bengawan, Selasa (12/1/2021). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 10.609 vaksin Sinovac tiba di Kota Bengawan, Selasa (12/1/2021) petang. Vaksin tersebut dibawa oleh mobil box dari Kota Semarang menggunakan jalur darat via tol. Vaksin tersebut tiba di UPT Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota (DKK) di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan, sekitar pukul 18.30 WIB.

Sepuluh ribu vaksin itu diletakkan dalam kotak pendingin. Selain itu, pengawalan ketat juga dilakukan aparat gabungan baik dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP.

Pihak kepolisian bakal melakukan pengawalan hingga proses pemberian vaksin. Hal ini ditegaskan oleh Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Baca Juga :  Siap-siap, Pemkot Solo Bakal Perpanjang PPKM, Tapi Sebelumnya Akan Lakukan Ini

Ade menuturkan, pihaknya akan memaksimalkan fungsi Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Linmas ketika vaksin mulai didistribusikan kepada masyarakat.

“Jadi kita mengajak, masyarakat agar berkenan divaksin, menginat vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita dari serangan virus korona,” kata Ade.

“Apabila nanti ada yang menolak, kita minta anggota memberikan edukasi. Apa alasnanya menolak. Apakah karena tidak tahu fungsi vaksin tersebut atau seperti apa. Sudah saya minta dalam meberikan edukasi secara humanis,” tambah dia,

Dia memaparkan, ratusan personil bakal diterjunkan dalam proses pengamaman jalur masuknya Vaksin Sinovac. Kita akan melaksanakan pengamanan rute pengawalan jalur yang dilewati.

Baca Juga :  Hari ini Gibran Ditetapkan Sebagai Wali Kota Solo Terpilih

Kapolresta menuturkan pihaknya terus berkoodinasi baik secara langsung maupun tidak langsung terkait perkembangan distribusi vaksin dengan Pemkot Surakarta, dalam hal ini Dinas Kesehatam Kota (DKK) Surakarta dan Gugus Tugas Covid 19 kota Surakarta.

“Pada saat proses pelaksanaan penyuntikan vaksin juga akan kita amankan,” papar mantan Kapolres Karanganyar tersebut.

Ade mengatakan, pihak Polresta Surakarta yang nantinya akan divaksin pertama kali adalah Wakapolresta Surakarta, AKBP Denny Heryanto.

“Untuk slot berapa yang kita dapat kita belum dapat info lebih lanjut ya,” pungkasnya. Prabowo