JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

5 Minuman ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Jika Diminum Sebelum Tidur

Ilustrasi minuman teh. Foto: pexels.com
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Saat malam sebelum tidur kita sering ingin ngemil, tetapi hal itu bisa membuat berat badan menjadi naik.

Sebenarnya makan yang dianjurkan setelah makan malam adalah dua jam sebelum tidur untuk hasil pencernaan, tidur, dan penurunan badan yang lebih baik.

Berdasar studi, ada berbagai jenis minuman sebelum tidur untuk mengurangi berat badan. Minuman ini bisa dijadikan alternatif pengganti makanan padat kalori sebelum tidur agar berat badan Anda tidak bertambah.

Berikut lima minuman yang bisa dicoba ketika ingin ngemil makanan dan minuman tinggi kalori sebelum tidur, seperti dilansir Times of India, Jumat, 19 Februari 2021.

1. Protein shake Greek yoghurt

Protein shake merupakan salah satu minuman yang direkomendasikan, terutama bagi Anda yang berolahraga setiap hari. Kandungan protein membantu memperbaiki dan memulihkan otot ketika tidur serta mampu membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Selain protein, ada pun kandungan kalsium dan tryptophan di dalam susu yang mampu meningkatkan kualitas tidur serta kandungan whey dan kafein yang meningkatkan pembentukan otot.

Minuman ini bisa diracik dengan susu kacang almond atau susu kacang kedelai tanpa gula yang dicampur dengan greek yoghurt. Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.

2. Teh kamomil

Teh kamomil dikenal memiliki kandungan yang mampu membuat saraf lebih rileks, lebih mudah merasa kantuk, serta mengurangi rasa sakit pada perut.

Beberapa studi menunjukkan teh ini mampu membantu mengendalikan tingkat gula darah dan mengurangi berat badan.

3. Teh kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu bahan memasak yang memiliki beberapa manfaat baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan efek detoksifikasi dengan kandungan antioksidan dan antibiotik, dan membantu membakar lemak.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Jika Anda tidak menyukai rasanya, madu bisa menjadi salah satu alternatif pemanis alami untuk meningkatkan rasa.

4. Biji Fenugreek yang direndam

Biji Fenugreek atau Kelabat umumnya dikonsumsi pada pagi hari, tetapi bisa juga dikonsumsi pada malam hari. Dikenal dengan kandungannya yang mampu menurunkan kadar gula darah, biji dari tanaman asal kawasan Timur Tengah dan Mediterania ini mampu memproduksi panas dalam tubuh yang membantu penurunan berat badan dan masalah pencernaan.

5. Susu kunyit

Susu kunyit umumnya dikonsumsi untuk meredakan pilek, batuk serta penyakit lainnya. Akan tetapi, minuman ini juga memiliki manfaat dalam penurunan berat badan dan peningkatan saluran pencernaan.

Dengan kandungan antioksidan, kalsium dan protein, susu ini mampu memberikan manfaat baik bagi tubuh seperti detoksifikasi, membantu tidur yang nyenyak, dan menurunkan berat badan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com