JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Cara Cek Domain Authority Mudah 100% Berhasil

Ilustrasi domain. pixabay
   

Domain authority memiliki fungsi penting yakni sebagai sarana untuk melihat performa website yang dimilikinya secara menyeluruh. Karena itu penting untuk mengecek domain authority website ini secara rutin. Namun bagaimana cara cek domain yang mudah untuk dilakukan?

Sebenarnya untuk mengecek DA (domain authority) secara rutin ini bukanlah sebuah pekerjaan sulit. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cepat, dan juga mudah asalkan tahu cara kuncinya.

Seberapa Penting Domain Authority

Fungsi utama dari domain authority adalah sarana yang bisa digunakan pemilik website untuk melihat kinerja websitenya secara keseluruhan. Setelah mengetahui bagaimana kinerja websitenya, maka pengguna bisa perlahan meningkatkan ranking website yang dimilikinya. 

Jadi domain authority ini berbentuk nilai atau skor yang diberikan sebagai bentuk prediksi atas kemungkinan rangking yang dimiliki oleh web pada mesin pencari. Nilai ini diberikan dalam skala angka 1 – 100. 

Apabila DA yang dimiliki menunjukan nilai yang tinggi, maka kemungkinan website untuk bisa muncul di halaman pertama juga semakin tinggi. Sehingga bisa dikatakan bahwa DA ini digunakan sebagai prediksi dengan tujuan untuk semakin meningkatkan kinerja web.

Cara Cek Domain Authority dengan Mudah

Melihat bahwa ternyata DA ini memiliki fungsi yang sangat penting, maka tentunya pengecekkannya harus dilakukan secara rutin. Untuk membantu pengguna yang hendak mengecek DA websitenya, maka kali ini akan diberikan pembahasan terkait dengan bagaimana cara cek domain authority dengan gratis dan mudah.

 

Menggunakan Link Explorer Moz

Pertama adalah link explorer Moz yang akan melakukan analisa melalui link yang diberikan. Alat ini termasuk ke dalam DA/PA checker, sehingga nanti hasil yang dimunculkan tidak hanya berupa DA saja tapi juga PA web. Adapun cara yang bisa dilakukan yakni:

  • Kunjungi link explorer moz, 
  • Pada halaman utama masukkan alamat website yang dimiliki, jangan memasukkan alamat halaman yang ada di website. Karena untuk mencari DA yang dibutuhkan adalah alamat web.
  • Tunggu sebentar, dan hasil analisis akan keluar terkait dengan DA yang dimiliki oleh web.

 

Menggunakan Link Ahrefs

Domain authority checker yang selanjutnya ini bisa diakses dengan mudah baik menggunakan laptop maupun hp. Skala yang diberikan oleh alamat web ini dimulai dari 0 sampai yang paling tinggi yaitu 100. Adapun cara menggunakan web yang satu ini yakni:

  • Kunjungi ahrefs.com menggunakan perangkat digital yang dimiliki, bisa dengan hp ataupun laptop.
  • Pada halaman utama masukkan alamat website yang dimiliki
  • Ahrefs akan melakukan pengecekkan, dan tidak lama hasilnya akan muncul terkait dengan DA yang dimiliki oleh website tersebut.

 

Mengunjungi Websiteseochecker.com

Terakhir adalah menggunakan websiteseochecker.com yang cara penggunaannya masih sama mudahnya seperti dua contoh sebelumnya. Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan, diantaranya:

  • Kunjungi halaman webnya
  • Pada halaman utama, pilih menu “page authority checker”.
  • Setelah menu sudah terbuka, maka masukkan alamat website ataupun domain yang ingin dicek.
  • Verifikasi bahwa anda bukan robot, dan kemudian proses pemeriksaan atau analisis akan dilakukan. Nantinya hasil akan muncul di layar komputer atau hp.

Indikator Domain Authority yang Baik 

Karena penilaian domain authority ini menggunakan angka, maka mudah untuk menentukan bagaimana ciri DA yang bagus. Pada angka 40 sampai 50 maka bisa dikatakan baik, angka 50 sampai 60 bagus, dan di atas 60 sangat bagus. Jadi jika di bawah 40, maka website tersebut memerlukan usaha lebih.

Ternyata cek authority tidak serumit yang dibayangkan, apalagi setelah tadi mendapatkan 3 cara cek PA DA yang mudah untuk dilakukan. Jangan ragu untuk langsung menerapkannya, sehingga bisa segera mengetahui bagaimana kinerja web secara menyeluruh.

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com