JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Vaksinasi Covid-19 Tahap III Bakal Gunakan Vaksin Buatan Dalam Negeri

Presiden Joko Widodo saat mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis kedua di Istana Kepresidenan, Rabu (27/1/2021). Foto: YouTube/Sekretariat Presiden
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Vaksinasi covid-19 direncanakan menggunakan vaksin buatan dalam negeri. Sedangkan vaksinasi tahap II yang akan dimulai akhir Februari ini tetap menggunakan sinovac.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Prof Muhadjir Effendy mengatakan, salah satu vaksin buatan dalam negeri, vaksin Nusantara tengah berada di tahap uji klinis ketiga.

Baca Juga :  Gerak Cepat, Gibran Akan Temui Tokoh-tokoh Usai Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres di KPU Besok

“Harapannya berhasil dan menjadi salah satu langkah yang bagus untuk memperbanyak alternatif vaksin yang digunakan di Indonesia,” ujarnya, Jumat (19/2/2021), saat melakukan kunjungan di RS UNS.

Muhadjir menegaskan, program vaksinasi merupakan program mengejar waktu untuk mengantisipasi penyebaran covid-19. Maka vaksinasi tahap II tetap menggunakan sinivac sebagai vaksin yang tersedia.

“Pokoknya sinovac terus kita gunakan sambil menunggu vaksin merah putih ataupun Nusantara. Serta vaksin-vaksin lain,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dipinang Gerindra Jadi Kandidat di Pilkada Solo, Astrid Widayani Tetap Abdikan Diri untuk Sosial Kemasyarakatan

Ditanya tentang kemungkinan pemakaian vaksin buatan dalam negeri untuk program vaksinasi tahap III, Muhadjir mengatakan hal itu mungkin saja.

“Kita lihat perkembangannya. Semua vaksin yang sudah mendapatkan ijin edar emergency dari BPOM yang pasti akan kita gunakan. Tidak hanya simivac saja nantinya yang akan digunakan,” pungkasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com