JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Duh Gusti, Kelamaan Belajar di Rumah Via HP, Sejumlah Siswi di Sragen Dilaporkan Malah Hamil dan Terpaksa Dinikahkan Dini!

Ilustrasi siswi hamil

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi covid-19 tak hanya berdampak pada perekonomian dan semua sektor usaha. Tapi, pandemi ternyata juga berdampak buruk pada proses pembelajaran siswa.

Sebuah fakta miris mencuat dari Sragen. Gegara kelamaan sekolah libur dan belajar daring di rumah, sejumlah siswi dilaporkan justru terjerumus ke pergaulan bebas.

Dampaknya, ada beberapa di antaranya diketahui hamil dan terpaksa dinikahkan dini. Fakta itu diungkapkan Kasi Pelayanan Desa Tanon, Sragen, Dawam, Senin (8/2/2021).

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , ia menyampaikan dari laporan yang ia terima dan hasil pengecekannya, kasus siswi hamil akibat belajar di rumah via daring, sedikit meningkat.

Baca Juga :  10 Kampus Terbaik Indonesia Hadir di Sragen, Bupati Ungkap Jurusan-Jurusan yang Lagi Banyak Dibutuhkan di Pemkab!

“Termasuk kasus terbaru, ada siswi SMA di salah satu lokasi di Kecamatan Tanon baru-baru ini juga terpaksa dinikahkan dini. Karena ketahuan sudah hamil. Gara-garanya ya kelamaan nggak masuk sekolah dan hanya belajar dari HP. Kecurigaannya saat pegang HP, akhirnya tergoda untuk chatting di medsos lalu kebablasan dan kecelakaan (hamil). Di beberapa lokasi lain di luar Kecamatan Tanon juga ada dan setelah kami amati memang sejak kelamaan belajar daring, kasus nikah dini malah naik,” paparnya.

Baca Juga :  Waspada Mulai Ditemukan Kasus Positif Covid-19 Baru di Sragen. Kebanyakan dari Rumah Sakit, Mungkinkah Omicron?

Dawam menuturkan kasus paling banyak terjadi pada siswi di jenjang SMA. Seperti kasus di Kecamatan Tanon, siswi yang hamil dan terpaksa dinikahkan itu masih duduk di bangku kelas II SMA.

Karena hamil duluan, mereka pun terpaksa akhirnya dinikahkan di bawah umur meski harus dengan dispensasi dari Pengadilan Agama.

“Ini fenomena yang miris dan tak boleh dibiarkan. Karena faktanya sejak pandemi dan siswa belajar dari di rumah, imbasnya bisa negatif,” terangnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua