JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Gercep-19, Hantarkan Mahasiswa UNS Juara 2 Lomba Poster Bulan K3 Unnes

Poster dengan tema Gerakan Cegah Penularan Covid-19 di Tempat Kerja (Gercep-19) karya Tim UNS yang terdiri dari Yokanang Chandra Arfiansyah dari Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA angkatan 2018 dan Okisa Putri Nur Fathonah dari Prodi K3 UNS angkatan 2018 berhasil meraih juara 2 dalam lomba poster yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (KMK3) Universitas Negeri Semarang (Unnes). Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil meraih juara 2 pada Lomba Poster Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (KMK3) Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Lomba ini diadakan secara daring. Tim UNS yang terdiri dari Yokanang Chandra Arfiansyah dari Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA angkatan 2018 dan Okisa Putri Nur Fathonah dari Prodi K3 UNS angkatan 2018 mencetuskan poster yang mengangkat tema Gerakan Cegah Penularan Covid-19 di Tempat Kerja (Gercep-19).

Pada poster tersebut berisi informasi mengenai pencegahan Covid-19 dengan edukasi yang berisi 6 hal yakni cek suhu tubuh, cuci tangan, memakai pelindung diri, jaga jarak, hindari bersentuhan, dan etika ketika batuk atau bersin.

Baca Juga :  Kerjasama Dengan PT Sritex, Polhas Dukung Program Kerja Sambil Kuliah

Bulan K3 KMK3 Unnes berlangsung dari Jumat (8/1/2021) hingga Minggu (31/1/2021). Okisa mengaku bahagia dan bersyukur atas pencapaian ini.

“Bahagia, bersyukur bisa memenangkan kompetisi ini,” kata Okisa, Selasa (2/2/2021).

Mereka turut serta dalam lomba tersebut untuk memberikan inovasi dan cara alternatif untuk memberikan edukasi betapa pentingnya melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi untuk para pekerja.

“Kami sadar bahwa pandemi juga mempengaruhi sektor pekerja, kami ingin memberikan inovasi dan cara alternatif untuk mensosialisasikan betapa pentingnya melakukan protokol kesehatan di manapun berada, khusus untuk para pekerja. Inovasi dan alternatif tersebut kami tuangkan dalam kompetisi ini,” ujar Okisa.

Baca Juga :  Prof Sofyan Anif Kembali Terpilih Jadi Rektor UMS

Okisa dan Yokanang membutuhkan waktu selama 1 pekan untuk mengembangkan ide dan gagasan yang diusung. Walau berhasil menyabet juara 2, mereka sempat terburu-buru dalam mengumpulkan karya pada malam terakhir pengumpulan karya poster.

Yokanang dan Okisa berharap, kedepannya, mereka dapat mengembangkan ide mereka dan memberikan dampak pada masyarakat luas atas capaian prestasi yang telah berhasil diraih.

“Semoga kedepannya, kami tetap bisa mengembangkan ide kami dan dapat berdampak pada masyarakat luas serta dapat meningkatkan hasil capaian kami di kompetisi-kompetisi selanjutnya,” tuturnya. Prihatsari