JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Inovasi Baru, Rupbasan Solo Sediakan Mobil Shuttle dan Aplikasi BB. Mau Daftar atau Ambil BB Tinggal Klik Aplikasi, Barang Bakal Diantar Pakai Mobil Secara Gratis alias Nol Rupiah!

Kepala Rupbasan Kelas I Surakarta, Ratna Dwi Lestari (kiri) saat memimpin penyerahan BB kepada masyarakat, Kamis (4/2/2021). Foto/Wardoyo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surakarta melakukan sejumlah inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan terhadap pengelolaan barang rampasan (Basan) maupun barang sitaan (Baran).

Selain jaminan keamanan, berbagai inovasi baru juga dirintis untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses Basan maupun Baran.

Kepala Rupbasan Kelas I Surakarta, Ratna Dwi Lestari mengatakan di bawah kepemimpinannya, sejumlah inovasi memang sudah digeber dalam rangka mewujudkan Rupbasan menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) maupun wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Di antaranya, dengan gedung baru yang lebih luas, kantor rupbasan yang berlokasi di Jalan Samratulangi Manahan, Solo dinilai sangat strategis.

Kemudian sejumlah fasilitas utama juga disiapkan untuk menunjang pengelolaan Basan dan Baran yang sangat mumpuni dan memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi aparat penegak hukum, masyarakat dan stakeholder lainnya.

Baca Juga :  Meski Dilarang Gibran, Warga Baluwarti Solo Tetap Gelar Takbiran Keliling karena Sudah Tradisi

Seperti penyediaan mobil shuttle BB untuk memudahkan kegiatan ambil dan antar barang sitaan dan barang rampasan. Mobil itu disiapkan melayani proses penitipan maupun pengambilan BB, baik yang ambil dari lokasi penitip dalam hal ini aparat penegak hukum dan stakeholder terkait.

Maupun antar kembali ke tempat aparat penegak hukum dari stakeholder terkait maupun layanan pengantaran ke masyarakat umum.

“Dan pelayanan mobil shuttle BB ini diberikan secara gratis alias nol rupiah,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (4/2/2021).

Ratna menguraikan untuk memudahkan masyarakat, pihaknya juga sudah membuat aplikasi sapa BB. Aplikasi itu disiapkan untuk menunjang dan memberikam kemudahan proses administrasi Badan dan Baran.

Baca Juga :  Dengan Prokes Ketat, Pertiwi Solo Gelar Baksos Sasar Kalangan Terdampak Pandemi di Seputar Terminal Tirtonadi

Mulai dari penerimaan registrasi, pendaftaran serta pengeluaran Basan dan Baran tanpa repot-repot membawa berkas lagi ke Rubasan.

“Jadi masyarakat cukup klik dan upload berkas secara online sudah bisa mendaftar atau mengurus pengeluaran Basan dan Baran. Jadi bisa diakses di mana saja secara mobile. Apalagi di masa pandemi Covid-19, dengan aplikasi ini sangat efektif dan menekan tatap muka dengan petugas,” tuturnya.

Selain kemudahan fasilitas dan pelayanan, Ratna menjamin semua layanan di Rupbasan dilayani dengan motto Pasti. Yakni profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif.

“Jadi masyarakat tak perlu khawatir lagi barang yang disita negara atau aparat penegak hukum dijamin aman dan terawat di Rupbasan Surakarta,” tandasnya. Wardoyo