JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di DIY Menurun Selama Liburan Imlek

ilustrasi covid-19 / pixabay
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Libur akhir pekan yang bertepatan dengan rangkaian  Imlek pada 13 dan 14 Februari, terjadi penurunan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di DIY.

Hal itu terungkap dari penjelasan Juru Bicara  Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY,  Berty Murtiningsih.

Lebih lanjut Berty mengatakan sejak dua hari terakhir, yakni 13 dan 14 Februari 2021, kasus baru Covid-19 berjumlah di bawah 150 kasus. Padahal selama ini kasus harian di Yogya selalu berada direntang rata-rata 200-300 kasus per hari.

“Kasus baru yang terkonfirmasi pada Sabtu (13 Februari) sebanyak 113 kasus dan pada Minggu
ini sebanyak 108 kasus,” ujar Berty, Minggu (14/2/2021).

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menuturkan selama libur Imlek, pemeriksaan hasil rapid test antigen terus digencarkan di pusat kota, khususnya tempat mobilitas wisatawan seperti kawasan Malioboro hingga destinasi seperti Kebun Binatang Gembira Loka.

Baca Juga :  Hendak Tawuran dengan Sajam dan Bom Molotov, Lima Remaja Asal Bantul Diamankan Polisi

“Bagi yang tidak membawa surat sehat atau hasil rapid antigen atau swab PCR dilarang masuk objek wisata,” kata dia.

Heroe mengatakan wisatawan yang tak membawa surat sehat itu diminta segera mencari surat sehat berupa hasil swab antigen terdekat.

Sejak Jumat, 12 Februari 2021, petugas gabungan Satpol PP, TNI dan Polri melakukan pemeriksaan surat sehat wisatawan secara acak di tempat-tempat wisata seluruh DIY, khususnya Kota Yogya.

“Karena tim Satgas Covid-19 DIY sudah melakukan pemeriksaan acak dan melakukan swab antigen di perbatasan, kami dari Pemkot Yogyakarta melakukan pemeriksaan di pusat kota dan tempat wisata seperti Malioboro, Taman Sari, Kebun Binatan Gembira Loka, Alun-Alun Kidul, juga kawasan Tugu,” kata Heroe.

Baca Juga :  Pura-pura Cari Tempat Laundry, Perempuan Asal Jabar Ini Curi Uang Rp 81 Juta di Bantul

Hasilnya, hampir di setiap tempat wisata menemukan rombongan kecil yang datang tidak melengkapi dirinya dengan surat hasil swab antigen negatif.

Di Malioboro, Yogyakarta misalnya, pada hasil pemeriksaan Sabtu, 13 Februari lalu, ada warga dari berbagai kota di Jawa Tengah dan Jakarta yang tidak membawa hasil swab antigen. Mereka pun diminta untuk kembali ke mobilnya dan mencari tempat swab antigen yang bisa mengeluarkan surat sehat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com