JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ngeri, Penampakan Banjir Dahsyat Lahar Dingin Semeru Gulung Sebuah Mobil Hingga Hanyut Tersapu Ombak Lahar. Mirip Tsunami, Subhanallah Begini Nasib Pengemudinya

Banjir lahar dingin menghanyutkan sebuah mobil di Lumajang Jatim. Foto/Tempo.co

LUMAJANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Banjir lahar dingin Gunung Semeru menyapu dan menghanyutkan sebuah kendaraan roda empat di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Senin sore, 8 Februari 2021.

Bak air bah tsunami, lahar dingin Semeru ini menggulung kendaraan yang tengah diparkir di tepi aliran lahar. Rekaman video berikut informasi peristiwa ini beredar di grup WhatsApp warga Lumajang, Senin petang ini.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, M. Wawan Hadi, yang dihubungi TEMPO Senin petang membenarkan ihwal kejadian lahar dingin yang menggulung kendaraan roda empat itu.

Baca Juga :  Meski Larang Mudik, Namun Kemenhub Memperkirakan Puncak Arus Balik Akan Terjadi Sabtu dan Minggu

“Pengemudinya dikabarkan selamat,” kata Wawan kepada TEMPO.

Wawan mengatakan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lumajang saat ini sedang turun ke lapangan untuk melakukan penilaian. “Tim turun ke lapangan untuk melakukan assesment,” ujarnya.

Ia mengatakan pemerintah terus mengimbau kepada masyarakat terutama yang berada di dekat aliran lahar Semeru untuk selalu waspada.

Baca Juga :  KPK Lakukan OTT di Kabupaten Nganjuk Terkait Kasus Jual Beli Jabatan. Uang Rp 700 Juta Disita

“Hujan deras yang terjadi di atas Semeru berpotensi menimbulkan bencana sekunder berupa lahar dingin,” kata dia.

Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) telah mengeluarkan rekomendasi salah satunya terkait lahar dingin, yakni mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman lahar di alur sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk.

www.tempo.co