JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tes GeNose C19 Diuji Coba di Solobalapan Dengan Harga Rp 20 Ribu, Ini Syaratnya

Seorang calon penumpang KA menunjukkan surat hasil pemeriksaan Covid-19 dengan GNose. Foto: Triawati
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Stasiun Solobalapan memulai uji coba pemeriksaan covid-19 dengan alat GeNose C19, per Jumat (5/2/2021). Calon penumpang hanya harus merogoh saku sebanyak Rp 20 ribu untuk mendapatkan hasil dalam waktu 10 menit.

Selain Solobalapan pemeriksaan GeNose C19 juga bisa didapatkan di tiga stasiun KA lainnya yaitu di Pasar Senen, Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Gambir.

Salah satu calon penumpang jurusan Solo-Jakarta, Vio menuturkan, keuntungan pemeriksaan GeNose C19 dibandingkan dengan tes lain lebih efisien.

“Lebih murah juga. Dan hasilnya juga cepat. Sebelumnya saya sempat mau mencoba yang tes antigen, tapi kemudian saya urungkan niat karena takut. Ternyata GeNose C19 lebih nyaman,” tuturnya, Jumat (5/2/2021).

Baca Juga :  Ribuan Kaum Muslimin Laksanakan Salat Idul fitri 1445 H di Halaman Edutorium UMS

Manager Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto mengatakan, penyediaan layanan GeNose C19 di sejumlah stasiun KA merupakan bentuk komitmen KAI dalam mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di transportasi kereta api.

“Sebelumnya dilakukan uji coba pemeriksaan GeNose kepada pelanggan KA di stasiun Yogyakarta pada tanggal 3-4 Februari 2021, maka mulai 5 Februari 2021 pelanggan KA bisa melakukan deteksi Covid-19 dengan GeNose C19 di stasiun Yogyakarta dan stasiun Solobalapan,” paparnya.

Layanan ini merupakan hasil kerjasama antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo serta Universitas Gadjah Mada. Sesuai SE Satgas Covid-19 No 5 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No 11 Tahun 2021, pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19 dari hasil pemeriksaan GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas dan menyiapkan biaya sebesar Rp20.000.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19. Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com