JOGLOSEMARNEWS.COM Video

Video : Tutorial, Begini Tahapan Penyuntikan Vaksin COVID-19, Mulai Pengisian Formulir Hingga Penerimaan Bukti Telah Divaksin


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Vaksinasi COVID-19 bagi palayan publik di Wonogiri dimulai, Selasa (23/2/2021). Dijadwalkan vaksinasi berlangsung hingga Jumat (26/2/2021).

Berikut ini tahapan lengkap vaksinasi. Dimulai dengan pendataan penerima vaksin COVID-19. Dilanjutkan pengisian formulir berupa identitas penerima dan riwayat kesehatannya.

Jika sudah, berlanjut ke tahap berikutnya, yakni datang ke lokasi penyuntikan. Begitu datang langsung ambil nomor antrian untuk diukur tekanan darahnya. Lantas menunggu dipanggil ke tahap berikutnya.

Ketika nomor antrian sudah dipanggil, kita tinggal menuju meja registrasi untuk mengisi surat pernyataan bersedia divaksin. Tidak menunggu lama langsung dilakukan penyuntikan vaksin.

Baca Juga :  Video : Jangan Nekat Mudik ke Wonogiri Ada Penyekatan di 4 Titik, Sementara untuk Deteksi COVID-19 Terminal Giri Adipura Krisak Selogiri Dilengkapi GeNose

Proses selanjutnya adalah menunggu sekitar 30 menit. Ini untuk mengetahui ada atau tidaknya reaksi yang timbul akibat penyuntikan. Kalau ada reaksi seperti mual atau alergi kita diminta beristirahat di kamar yang sudah ditentukan sambil dilakukan penanganan medis. Namun saat semua lancar tidak ada reaksi kita akan diberikan kartu vaksin untuk digunakan pada penyuntikan tahap kedua. Jika sudah kita bisa pulang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Wonogiri Teguh Setiyono mengatakan, target vaksinasi setelah tenaga kesehatan, adalah mereka yang sering terjun ke lapangan. Misalnya personil TNI/Polri hingga personil Satpol PP dan BPBD Wonogiri.

Baca Juga :  Waduh Ada Arus Mudik Dini di Wonogiri Berdasarkan Pantauan Pemprov Jateng, Ternyata Tidak Naik Bus Melainkan Kendaraan Pribadi

Penyuntikan vaksin kepada petugas pelayanan publik itu dijadwalkan empat hari, mulai Selasa (23/2) hingga Jumat (26/2). Lokasinya dipusatkan di Gedung Giri Wahana Kompleks GOR Giri Mandala Wonogiri.

Dia menuturkan, ada 1.000 vial vaksin sinovac yang diterima Wonogiri kali ini. Jumlah itu mencukupi untuk vaksinasi 4.250 orang sasaran. Dua kali suntik setiap sasaran, jadi ada 8.500 dosis vaksin. Selain 1.000 vial vaksin sinovac, Satgas Penanganan COVID-19 Wonogiri juga menerima 100.000 alat suntik vaksin.

Aria