JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

10,43 Juta Penduduk Sudah Disuntik Vaksin, Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terdepan dalam Vaksinasi Covid-19

Presiden Joko Widodo saat meninjau vaksinasi ke tokoh masyarakat. Foto/Istimewa
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 10,43 juta penduduk Indonesia dilaporkan sudah menerima vaksin Covid-19 sampai dengan 27 Maret 2021.

Capaian tersebut membawa Indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan jumlah vaksinasi virus corona terbanyak.

Demikian disampaikan Direktur Utama PT Bio Farma (Persero), Honesti Basyir dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin (29/3/2021).

“Alhamdulillah Indonesia termasuk negara yang cukup terdepan. Kita masuk 10 besar dibandingkan dengan negara-negara lain,” ujar Honesti, seperti dikutip Republika.co.id.

Honesti menyampaikan, Indonesia saat ini berada di urutan sembilan atau di atas Perancis yang telah melakukan vaksinasi terhadap 10,19 juta penduduk.

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

Sementara untuk peringkat tiga besar negara dalam jumlah warga yang telah divaksin, urutan pertama ditempati Amerika Serikat dengan 140 juta penduduk telah divaksinasi, kemudian disusul China dan India dengan 102 juta penduduk dan 60,27 juta penduduk.

Kemudian ada Inggris Raya dengan 33 juta penduduk telah mendapat vaksinasi, Brasil sebanyak 17,52 juta orang telah divaksin, Turki dengan 14,65 juta orang, Jerman 12,36 juta orang divaksinasi, dan Rusia sebanyak 10,6 juta vaksinasi.

Baca Juga :  1 Jam Rosan Roeslani Bertemu Pratikno, Membahas Susunan Kabinet untuk Pemerintahan Prabowo?

“Kecepatan vaksinasi ini didukung kesiapan suplai karena sejak jauh-jauh hari kita sudah punya komitmen dengan pengembang-pengembang vaksin,” ucap Honesti.

Lebih lanjut Honesti menyampaikan, proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia dilakukan dalam dua tahap, yang mana tahap pertama sebesar 7,2 juta vaksin dan tahap kedua sebesar 3,2 juta vaksin.

Honesti berharap proses vaksinasi dapat terus berjalan secara optimal agar segera memberikan kekebalan kelompok atau herd immunity dalam waktu 15 bulan.

“Dengan program vaksinasi, alhamdulillah saat ini angka kasus covid-19 terus menurun. Ini prestasi tapi tetap waspada,” tukas Honesti.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com