JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Awal Ramadhan 1442 Hijriyah Diprakirakan Jatuh pada 13 April 2021, NU dan Muhammadiyah Diprediksi Bakal Seragam

Ilustrasi bulan Ramadhan. Foto: pixabay.com

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Awal bulan Ramadhan 1442 Hijriyah diperkirakan bakal jatuh pada 13 April 2021 mendatang. Hal tersebut berdasarkan perhitungan yang dilakukan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Selain itu, Lapan juga memprediksi, dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah juga akan sama dalam perhitungan awal bulan suci tersebut.

Hal ini jika melihat pada posisi bulan saat Maghrib dan kriteria yang biasa digunakan oleh kedua ormas Islam tersebut dalam menentukan waktu puasa.

Baca Juga :  27 Korban Erupsi Semeru Masih Misteri, BNPB Masih Terus Mencari

“Insya Allah akan seragam, setidaknya dua ormas besar NU dan Muhammadiyah itu akan seragam. Jadi, akan seragam tanggal 13 April awal Ramadhan,” ujar Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin seperti dikutip Republika.co.id, Rabu (17/3/2021).

Thomas, yang juga anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama itu menjelaskan, faktor yang membuat awal Ramadhan tahun ini seragam, yaitu karena posisi bulan saat Maghrib berada di luar rentang perbedaan.

Baca Juga :  Indonesia Ajak Negara-negara G20 Hasilkan Terobosan Besar

Muhammadiyah menggunakan kriteria wujudul hilal, yaitu ketinggian bulan sekitar 0 derajat. Sementara, NU menggunakan kriteria ketinggian bulan 2 derajat.

Perbedaan waktu awal bulan Ramadhan biasanya akan terjadi bila posisi bulan berada di antara 0 dan 2 derajat. Dalam konteks ini, menurut Muhammadiyah itu sudah masuk awal Ramadhan, sementara menurut NU belum.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua