JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Awas, Ada Satu Toko di Gondang Sragen yang Diincar Komplotan Pencuri. Pelakunya 4 Orang Bawa Mobil, Mengaku Bakal Sasar Dagangan Rokok

Dua tersangka komplotan pencuri bermobil yang ditangkap di Sragen Kota. Mengaku sasaran awalnya toko di Gondang. Foto/Wardoyo


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komplotan pencuri berkendaraan mobil yang ditangkap usai beraksi membobol warung degan milik Sutrisno (36) di Ngablak, Sine, Sragen Kota, Sragen pekan lalu, mengungkap fakta mengejutkan.

Ternyata warung degan yang disatroni di wilayah Sine, Sragen itu hanya sasaran pelampiasan. Sedangkan sasaran utamanya sebenarnya adalah sebuah toko di Kecamatan Gondang.

Pengakuan itu muncul dari salah satu pelaku yang ditangkap dan dikeler ke Mapolres Sragen, dua hari lalu.

“Sasaran awalnya di Gondang. Toko kelontong pak. Mau ambil rokok,” papar tersangka bernama Widiyanto saat diinterogasi Kapolres AKBP Yuswanto Ardi di Mapolres kemarin.

Widi mengatakan awalnya, ia dan tiga temannya satu komplotan sudah membuat peta sasaran pencurian. Sasaran utama itu adalah toko di Gondang yang diketahui menjual rokok dan lainnya.

Sasaran itu diincar atas masukan dari salah satu pelaku, bernama Gondrong yang kebetulan tinggal di sekitar Gondang.

Namun sasaran itu gagal diwujudkan. Karena saat akan beraksi, ternyata situasi toko yang disasar masih ramai. Sehingga komplotan empat sekawan itu kemudian balik lagi ke Sragen Kota untuk mencari makan.

Baca Juga :  Habis Hujat Pemerintah dan Sebut Enak Jaman PKI, Kini Kades Jenar Malah Ditunjuk Duta Vaksin Kabupaten Sragen

“Jadi mereka sudah sampai di Gondang. Tapi karena situasi ramai, mereka balik lagi ke Sragen Kota dulu. Lalu melampiaskan dengan membobol warung dan ambil tabung gas untuk beli makan. Di Gondang sasarannya toko kelontong,” urai Kapolres.

Kapolres menguraikan para pelaku sudah memetakan tugas masing-masing. Ada yang berperan sebagai eksekutor, ada yang nyetir mobil dan ada yang bertugas mengawasi sekitar lokasi.

“Saya yang nyetir,” imbuh Widi.

Sementara, satu pelaku yang agak tua, Joko Sriyanto alias Yanto mengaku bertugas mengawasi. Mereka bersama dua rekannya yang kabur saat digerebek polisi dan warga seusai beraksi.

“Dua tersangka ditangkap oleh tim Patroli di Sidoharjo. Yang dua lari,” terang Kapolres.

Komplotan berjumlah empat orang itu sempat panik dan berusaha kabur saat dikejar warga. Dua pelaku berhasil ditangkap sedangkan dua lainnya kabur.

Dua tersangka yang dibekuk masing-masing bernama Widiyanto alias Widi dan Joko Sriyanto alias Yanto. Sedangkan dua pelaku yang kabur diketahui berinisial Gepeng dan Gondrong.

Aksi pencurian itu terjadi Sabtu (20/3/2021) malam sekira jam 19.00 WIB. Pencurian terungkap ketika digelar konferensi pers di Mapolres Sragen kemarin.

Baca Juga :  Divaksin Bupati, Wanita di Desa Kecik Sragen Sampai Teriak Allahu Akbar. Ada 300 Warga Mengantri, Sebagian Disuntik Astrazeneca

Kapolres didampingi Kapolsek Sragen Kota AKP Mashadi mengatakan empat tersangka itu beraksi dengan mengendarai mobil Datsun Go Panca bernopol AD 1076 RE.

Saat kejadian mereka membobol warung degan milik Sutrisno. Modusnya dengan terlebih dahulu merusak kunci gembok pengaman pintu warung.

Setelah pintu terbuka, dua pelaku masuk dan mengambil tabung gas melon 3 kg dari dalam warung. Nahas, saat hendak pergi membawa tabung, aksi mereka tepergok warga. Wardoyo