JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Geger, Burung Kades Pengkol Tanon Digondol Maling. Pak Kades Kaget Bangun Tidur Burungnya Hilang, Kurungnya Dibuang di Pinggir Jalan

Tersangka pencuri burung Pak Kades Pengkol saat diamankan di Mapolsek. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Aksi pencuri memang tak pandang bulu. Seperti dialami oleh Kades Pengkol, Haryono (54).

Burung kesayangannya jenis Jalan Suren raib digondol pencuri. Pak Kades pun kaget saat bangun tidur burungnya hilang berikut sangkarnya.

Tersangka pencurinya akhirnya dibekuk warga saat hendak beraksi di Tangkil, Sragen Kota. Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , pencurian burung Pak Kades itu terjadi pada Senin (15/3/2021) dinihari.

Diduga pelaku beraksi memanfaatkan situasi rumah yang sepi dan penghuni tertidur lelap. Pelaku diduga masuk ke teras rumah korban sekitar pukul 01.00 WIB.

Rumah Pak Kades kebetulan berada di tepi jalan raya Suwatu-Sukodono dan tidak ada pagarnya. Sehingga pelaku dengan leluasa bisa masuk dan menggondol burung berikut sangkarnya.

Menurut keterangan Kades Haryono di hadapan petugas kepolisian, sore harinya, ia masih melihat burung suren yang berada di sangkar yang digantung di teras rumah.

Kemudian pagi harinya sekitar pukul 06.09 WIB saat bangun tidur, ia kaget melihat burung berikut sangkarnya sudah tidak ada.

Baca Juga :  Lagi, 6 Warga Sragen Meninggal dan 130 Positif Terpapar. Total Sudah 452 Warga Meninggal Dunia

Sempat ditanyakan ke beberapa warga sekitar pukul 08.00 WIB ada warga yang datang menemui dan mengabarkan bahwa ada sangkar burung Pak Kades ditemukan di pinggir jalan depan rumah Pak Kades sekitar pukul 02.00 WIB.

Namun sangkar itu ditemukan sudah dalam kondisi kosong. Yakin burungnya sudah dimaling, Pak Kades lalu melapor ke Polsek. Atas kejadian itu, ia mengalami kerugian Rp 800.000.

Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Suwarso mengatakan dari hasil penyelidikan, tersangka pencuri burung Pak Kades Pengkol kemudian ditangkap warga saat hendak beraksi di Tangkil, Sragen.

Tersangka bernama Munaris (32) asal Plosorejo RT 01/ 03, Desa Jeruksawit, Gondangrejo, Karanganyar. Tersangka tertangkap basah oleh warga saat hendak beraksi di Tangkil, Sragen pada hari kejadian hilangnya burung Pak Kades.

Munaris nyaris menjadi bulan-bulanan warga sebelum kemudian diamankan oleh petugas Polsek Sragen.

Menariknya, saat tertangkap basah, pria yang badannya penuh tato itu nekat melepaskan burung yang diduga sudah berhasil dicurinya di lokasi lain.

Tertangkapnya Munaris berawal ketika ia hendak beraksi mencuri burung di salah satu rumah warga di Desa Tangkil, Kecamatan Sragen Kota, Senin (15/3/2021) dinihari sekitar pukul 01.00 WIB.

Baca Juga :  Breaking News: Kebakaran Hebat di Ketro Tanon Siang Ini. Ada 3 Rumah, Toko dan Gudang Minyak Chelsea Dilalap Kobaran Api, Empat Orang Terluka

Saat itu ia kepergok saat mengendap-endap hendak mencuri di rumah warga Tangkil. Melihat gelagat mencurigakan itu, warga yang memergoki langsung menyergah dan kemudian menangkap tersangka.

Saat diamankan warga, Munaris sudah membawa seekor burung Jalak Suren. Merasa panik, ia langsung berusaha cuci tangan melepaskan burung yang dicurinya.

“Iya benar. Tersangka tertangkap warga saat hendak melakukan aksi pencurian di salah satu rumah warga di Tangkil. Saat itu ia sudah membawa satu ekor burung hasil curian dan setelah ketahuan warga, burung itu dilepaskan. Lalu diamankan dan petugas datang membawanya ke Polsek. Dari pengakuannya, burung yang dilepaskan itu habis dicuri dari rumah Pak Kades Pengkol Tanon,” papar Kapolsek Sragen Kota, AKP Mashadi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (17/3/2021).

Tersangka saat ini sudah diserahkan ke Polsek Tanon untuk menjalani proses lebih lanjut. Wardoyo