JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Indonesia Mulai Masuki Musim Pancaroba, BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem. Hujan Lebat Berpetir, Puting Beliung, sampai Hujan Es

Ilustrasi hujan. Foto: pexels.com

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Wilayah Indonesia saat ini sedang memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim penghujan menuju musim kemarau. Selama masa peralihan ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem.

Disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, selama masa pancaroba, perubahan kondisi cuaca relatif lebih cepat. Misalnya, dari cuaca terik pada pagi dan siang hari, bisa berubah menjadi mendung hingga hujan intensitas tinggi berdurasi singkat pada sore hari.

Baca Juga :  Innalillahi, Anggota TNI Muda Tewas Dikeroyok Sekelompok Misterius Bawa Senjata Tajam di Penjaringan Jakut

Pada periode peralihan musim, BMKG mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya fenomena cuaca ekstrem, seperti hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

“Juga puting beliung, waterspout, dan hujan es,” kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2021). Waterspout adalah puting beliung yang terjadi di permukaan air yang luas, seperti laut atau danau.

Baca Juga :  Bikin Geger, Diduga Tak Rela Ditilang, Pemotor Langsung Bakar Motornya di Hadapan Polisi

BMKG memprediksi sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki pancaroba pada akhir Maret ini. Juga dapat terpengaruh fenomena La Nina yang berpotensi berlangsung hingga Mei 2021, namun intensitasnya lemah hingga normal.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua