JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Masjid Mewah Hadiah Pangeran Abu Dhabi Mampu Tampung 12.000 Jemaah. Sabtu Besok Peletakan Batu Pertama

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka (tengah) bersama Utusan Khusus Pangeran Abu Dhabi di Balaikota Solo, Jumat (5/3/2021). Foto: Prokompim Kota solo
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Masjid mewah hadiah Pangeran Abu Dhabi untu Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dimulai pembangunanya. Peletakan batu pertama akan dilakukan pada Sabtu (6/3/2021).

Rombongan utusan khusus dari Pangeraan Abu Dhabi sudah tiba di Kota Solo untuk mengikuti acara seremonial peletakan batu pertama. Rombongan utusan khusus tersebut, setiba di Solo langsung diterima oleh Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka pada Jumat (5/3/2021) di ruang Rapat Walikota.

Turut serta dalam pertemuan tersebut perwakilan Kemenag Solo dan PT Arkonin yang merancang The Surakarta Grand Mosque (Masjid Agung Surakarta) yang merupakan replika Masjid Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dabi.

Mengutip dari laman akun resmi Prokompim Kota Surakarta, Gibran menyambut baik kedatangan utusan dari Abu Dhabi dan PT Arkonin. Dia juga berharap pembangunan masjid tersebut dapat mempererat hubungan persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab khususnya Kota Surakarta.

Baca Juga :  Kevin Fabiano Jawab Rumor Soal Rencana Maju Pilwakot Solo 2024

“Terima kasih atas kedatangan bapak-bapak dari Abu Dhabi dan PT Arkonin. Saya berharap masjid yang akan dibangun nanti  memperkuat hubungan yang selama ini terjalin dengan baik antara Indonesia dan Uni Emirat Arab,” urai Gibran.

Sementara itu, Nur perwakilan dari PT Arkonin, mengatakan, untuk persiapan sudah dilakukan dengan land clearing untuk peletakan batu pertama pembangunan masjid yang berkapasitas 10.000 sampai 12.000 jamaah, Sabtu (6/3/2021).

“Masjid kami rancang agak miring dengan mengarah pada kiblat. Sebelah timur akan ada bulevar. Di sisi depan kita buat air mancur dikombinasikan dengan pohon lokal Kota Solo. Lahan parkir di samping sehingga tidak mengganggu tampak depan,” jelasnya.

Nantinya masjid dapat menampung 10.000 sampai 12.000 jemaah dengan 3 kubah sesuai denga masjid aslinya. Selain untuk tempat ibadah, masjid tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata religi.

Peletakan batu pertama nanti menurut rencana akan dihadiri Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Agama RI, Menteri Energi dan Infrastruktur UEA,  Gubernur Jawa Tengah, Walikota dan Wakil Walikota, dan jajaran perangkat daerah.

Baca Juga :  SGS Disebut Strategis Dorong Investasi

Hadir dalam audiensi tersebut, perwakilan dari Abu Dhabi (UAE) Mohamad Ali Rasid, Kepala Kemenag Surakarta Hidayat Maskur, dan perwakilan Kedubes Indonesia untuk UAE dan dari Esco Oil dan Gas.

Sementara perwakilan Abu Dhabi mengapresiasi atas sambutan dan pelayanan yang ramah dari Walikota Surakarta dan warganya. Ia berharap pembangunan masjid yang akan dilaksanakan ini dapat mempererat persahabatan dua negara ke depannya.

Jokowi memang mendapatkan hadiah istimewa dari pangeran Arab yaitu berupa masjid mewah yang dibangun di Kota Solo. Pangeran Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed An Nahyan memberikan hadiah tersebut sejak pertengahan 2020 lalu.

Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo juga sudah mempersiapkan lahan lain untuk pembangunan islamic center.(ASA)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com