JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Siap-siap, 137.117 Lansia di Karanganyar Bakal Disuntik Vaksin Covid-19. Tahap Pertama, 10.000 Dulu

Ilustrasi saat Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat menyuntikkan vaksin covid-19 ke pejabat dan PNS Senin (22/2/2021). Foto/Wardoyo
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Vaksinasi covid-19 khusus lansia di Karanganyar ditargetkan selesai 9 Maret 2021. Sebanyak 10.000 dosis telah diterima Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar pada Selasa (3/3/2021).

Sekretaris DKK Karanganyar, Purwati mengatakan paket vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah berupa 1.000 vial vaksin. Per vial berisi 10 dosis.

“Puskesmas di 17 kecamatan kami minta mengambil ke kantor. Paketnya komplit sampai ke berita acara penerimaan. Sasarannya berlainan dengan tahap II. Ini khusus lansia,” kata Purwati kepada wartawan.

Berdasarkan data dari Disdukcapil yang diterima DKK, jumlah lansia 137.117 jiwa. Puskesmas di kecamatan bertugas melakukan kroscek untuk memastikan calon penerima riil. Ia mengatakan, vaksinasi terhadap lansia ditarget selesai 9 Maret 2021.

Puskesmas dipersilakan menentukan lokasi terbaik pemberian vaksin secara kolektif. Bisa di kantor puskesmas atau di balai desa.

“Mendekatkan ke sasaran. Tapi bukan jemput bola sampai ke rumah. Kami memahami pergerakan lansia juga terbatas. Diharapkan bisa tervaksinasi semua,” katanya.

Kriteria penerima vaksin dari kalangan ini berusia 60 tahun ke atas. Lantaran jumlah vaksin dengan jumlah lansia tak seimbang, maka DKK menentukan skala prioritas.

Yakni mereka yang tinggal di wilayah dengan konfirmasi tinggi penularan Covid-19, berpenyakit penyerta, risiko tinggi karena aktivitas dan sebagainya.

“Lansia dengan mobilitas tinggi juga termasuk sasaran. Potensi berkontak dengan kalangan risiko juga diprioritaskan vaksinasi,” katanya.

Ia belum bisa memprediksi apakah semua lansia sasaran bisa divaksin. Nantinya, mereka menjalani skrining terlebih dulu untuk mengetahui kesiapan fisiknya menerima vaksin.

Di tahap II, DKK menerima 9.000 dosis vaksin untuk diberikan ke 4.500 penerima. Ia memastikan seluruhnya sudah diberikan ke pelayan publik dan sisa nakes yang belum disuntik di tahap I.

“Tinggal dari TNI yang belum melaporkan setelah divaksinasi di RSAU dr Siswanto Selasa kemarin,” katanya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com