JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Viral Aksi Tak Bertanggung Jawab Pengunjung Taman Safari, Lempar Sampah Plastik ke Mulut Kuda Nil. Pelaku Naik Mobil Berpelat D

Tangkapan layar unggahan Instagram story yang memperlihatkan foto kejadian pelemparan sampah plastik ke mulut kuda nil di Taman Safari. Foto: Instagram/ cyntiactcete

JOGLOSEMARNEWS.COM Aksi tidak terpuji dilakukan oknum pengunjung Taman Safari yang tega melemparkan sampah plastik ke dalam mulut seekor kuda nil.

Perbuatan tersebut sempat tertangkap kamera milik pengunjung lainnya yang kemudian diunggah ke media sosial Instagram.

Melalui Instagram story, pemilik akun @cyntiactcete mengunggah kronologi pelemparan sampah plastik ke mulut kuda nil oleh pengunjung tak bertanggung jawab tersebut.

Awalnya, mobil pengunggah dan oknum pengunjung tak bertanggung jawab itu berjalan berurutan. Mobil pengunggah ada tepat di belakang mobil yang ditumpangi oknum pelempar sampah.

Saat melintas ke kolam kuda nil, pengunggah melihat sebuah tangan keluar dari mobil di depannya dan mengayun-ayunkan sampah plastik.

Diduga karena mengira akan diberi makanan, kuda nil itu pun membuka mulutnya. Tak disangka, oknum pengunjung tersebut melemparkan sampah plastik tadi ke dalam mulut kuda nil.

“Jadi kemarin mobilku pas banget di belakang mobil dia. Kuda nil-nya emang lagi leyeh-leyeh di pinggir. Dari dalam mobil itu emang ada tangan yang keluar dan mengayun-ayunkan sampah plastik supaya kuda nil-nya mangap. Pas mangah eh dilemparnya lah sampah plastik ke dalam mulutnya,” tulis pemilik akun, Minggu (7/3/2021).

Pemilik akun sudah mencoba memperingatkan oknum pengunjung yang melempar sampah dengan membunyikan klakson. Ia juga telah melaporkan kejadian tersebut ke petugas Taman Safari. Beruntung, kuda nil tersebut tidak sampai menelan sampah plastik itu dan dapat memuntahkannya.

“Kami di belakang sudah membunyikan klakson ngasih tanda. Dan ketika keluar kami melaporkan ke pihak petugas safari. Alhamdulillah, setelah semalam di-tag di story, pihak safari menanggapi bahwa setelah diperiksa kuda nil-nya memuntahkan sampahnya. Ih, pintar,” tambahnya.

Meski tak sempat merekam aksi saat melempar sampah, pemilik akun itu memiliki bukti foto sampah plastik yang masih ada di dalam mulut kuda nil yang terbuka.

“Emang sih gak kerekam pas dia ngelemparnya, tapi saksi mata banyak. Ada tisu juga yang dilempar,” lanjut pemilik akun, yang juga menyertakan foto penampakan mobil yang ditumpangi pelaku pelempar sampah.

Dalam foto tersebut, terlihat jelas pelat nomor kendaraan yakni D 1581 VN. Diketahui, pelat nomor D adalah untuk kendaraan dari wilayah Bandung.

Kendati demikian belum diketahui apakah oknum pengunjung yang melempar sampah plastik itu telah diidentifikasi.

Pemilik akun pun mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya budaya membuang sampah pada tempatnya, yang sudah diajarkan sejak kecil namun masih banyak orang yang enggan menerapkannya.

“Sosialisasi dan edukasi ‘membuang sampah pada tempatnya’ itu udah ada dari zaman dulu. Emang sih terlihat sepele tapi ternyata tidak semua orang terbiasa nerapin hal itu. Dan herannya masih ada orang-orang kayak gitu.”

“Saya cukup lega kuda nil-nya bisa muntahin sampahnya. Dan semoga oknumnya cepet sadar. Dan gak ada lagi orang-orang kayak gitu,” tukas pemilik akun.