JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

5 Pernyataan Penting Menkes RI Soal Keamanan dan Keampuhan Vaksin Covid-19!

Budi Gunadi Sadikin. Foto: TEMPO/M Taufan Rengganis via Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di tengah program vaksinasi yang terus bergulir, masih banyak masyarakat yang mungkin ragu tentang Vaksin Covid- 19.

Meski demikian, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan vaksin yang diisukan memiliki efek samping, dijamin aman bagi kesehatan.

Dilansir dari laman resmi “kemkes.go.id” melalui GERMAS (Gerakan Masyarakkat Hidup Sehat), Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin meyakinkan bahwa Vaksin Covid- 19 terbukti aman dan bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut 5 Pernyataan penting Menkes RI tentang Vaksinasi COVID 19 dalam surat edaran FRQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ) seputar pelaksanaan vaksinasi Covid- 19:

– Vaksin yang diproduksi masal sudah melewati proses yang Panjang dan harus memenuhi syarat utama yakni :Aman, Ampuh, Stabil,dan Efisiensi dari segi biaya.

Baca Juga :  Selain Menurunkan Tekanan Darah, Ini Sederet Manfaat Jus Seledri Lainnya

-Aspek keamanan vaksin dipastikan melalu beberapa tahapan uji klinis yang benar dan menjunjung tinggi kaidah ilmu pengetahuan,sains dan standar-standar kesehatan.

-Intinya pemerintah tidak tergesa-gesa dalam pelaksanna vaksinasi, dan tetap mngedepankan aspk keamanan dan manfaat atau keampuhan vaksin.

-Pemerintah hanya menyediakan vaksin Covid 19 yang terbukti aman dan lolos uji klinis, serta sudah mendapatkan Emergency Use of Authorization (EUA) dari BPOM.

-Tidak hanya aman, Menkes menyebut Vaksinasi Covid 19 juga bermanfaat.
Efektivitas atau seberapa ampuh suatu vaksin dapat melindungi dari penularan penyakit dapat dilihat dari hasil uji klinis fase III.

Baca Juga :  Wajib Tahu Lur ini Sebaran Kasus Aktif dan Kematian Gegara COVID-19 di Sukoharjo, Warga yang Meninggal yang Meninggal Ternyata Bertambah 3 Orang

Berdasarkan data hasil uji klinis Fase I dan Fase II yang dilkakukan. Vaksin yang tersedia terbukti aman dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

Namun hal yang penting pula setelah melakukan vaksinasi Covid- 19 anda tetap harus menjaga protokol keshatan yaitu dengan 3M ( Mematuhi ,menjalankan protokol keshatan,Menjaga jarak, dan Mencuci tangan dengan sabun).

Ayo jangan takut di vaksin dan tetap jaga protokol kesehatan! (Amirul Indra Buana Akbar/Wardoyo)