JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Gempa Magnitudo 5,6 Goyang Sukabumi Selasa Sore, Tak Berpotensi Tsunami. Getarannya Terasa hingga Jakarta

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Wilayah Kabupaten Sukabumi diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5,6 pada Selasa (27/4/2021) sore. Getaran dilaporkan dapat dirasakan hingga wilayah Ibu Kota Jakarta.

Menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), getaran gempa terjadi pukul 16.23 WIB. Getaran gempa juga dilaporkan dirasakan di wilayah Bogor, Depok, dan Tangerang Selatan.

Pusat gempa terletak berada di laut dengan jarak 89 kilometer arah Selatan Kota Sukabumi dan kedalaman 58 kilometer. Gempa juga tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Tidak berpotensi tsunami,” demikian informasi yang dikirimkan Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana, Selasa (27/4/2021), seperti dikutip Tempo.co.

Baca Juga :  Terood Putus, Bus Eka Pun Gasak Pohon Hingga Tumbang di Nganjuk

Sementara itu, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menyatakan gempa yang dirasakan di Sukabumi tersebut akibat aktivitas subduksi yang menyebabkan gempa tektonik dangkal di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. Analisis mekanisme sumber BMKG memperlihatkan, pergerakan gempa mendatar.

Bambang menyebut getaran di Bogor terasa nyata oleh warga berada di dalam rumah. “Terasa getaran seakan ada truk berlalu,” kata dia dalam keterangan tertulis.

Selain Bogor, getaran serupa juga dirasakan warga di Rangkasbitung, Bayah, Cihara, Cilograng, dan Panggarangan. Sementara getaran di Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bandung dirasakan hanya oleh beberapa orang.

Baca Juga :  Mobil Pemudik Tiba-tiba Terbakar di Ruas Tol Jombang-Mojokerto, Ini Nasib 5 Penumpangnya

Gempa Goyang Jogja

Sebelum terjadi gempa di Sukabumi, pada Selasa pagi sekira pukul 10.22 WIB, BMKG turut mencatat ada getaran akibat gempa yang dirasakan di sebagian wilayah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,6.

Sumber gempa disebutkan berada di laut, tepatnya 91 kilometer arah barat daya Gunungkidul, dengan hiposentrum atau kedalaman sumber gempa 24 kilometer.

Dengan posisi dan kedalaman itu, gempa terukur menggoyang lemah saja (Skala II MMI) di Gunungkidul, Bantul, Sleman, dan Wonogiri.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com