JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Libatkan Unit K9 Anjing Pelacak, Begini Sistem Pengamanan Jelang Paskah Tempat Ibadah di Wonogiri, Obyek Vitalpun Ikut Disasar

Unit K-9 Polres Wonogiri diterjunkan dalam sterilisasi tempat ibadah menjelang Paskah. Dok. Polres Wonogiri

IMG 20210401 WA0021
Unit K-9 Polres Wonogiri diterjunkan dalam sterilisasi tempat ibadah menjelang Paskah. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Polres Wonogiri melakukan sejumlah langkah antisipasi menyusul adanya aksi bom bunuh diri di pintu gerbang Gereja Katedral Makassar, pekan lalu.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Kamis (1/4/2021), menginstruksikan jajarannya agar menggencarkan patroli gabungan. Selain itu kelengkapan alat metal detector dan anjing-anjing pelacak dari unit K-9 agar dibawa, untuk melakukan strerilisasi gereja.

“Langkah ini dilaksanakan, dalam upaya memberikan jaminan keamanan kepada umat Nasrani yang akan melaksanakan serangkaian kegiatan perayaan Paskah 2021,” jelas Kapolres.

Tempat ibadah umat Nasrani yang disterilisasi oleh tim gabungan Polres Wonogiri, jelas dia, meliputi Gereja Kristen Jawa di Wonogiri yang berlokasi di Lingkungan Sanggrahan dan di Kelurahan Wonokarto. Kemudian Gereja Kristen Indonesia (GK) di Jalan Pelem, Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul di Jalan Murtipranoto sisi timur laut Kantor Bupati Wonogiri, dan di Gereja Bethel Indonesia Tiberias.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Perhatian untuk Jarno Mantan TKI Asal Wonogiri yang Buta dan Terlunta-lunta di Malaysia Terus Mengalir. Pemdes Mojoreno Sidoharjo Sudah Siapkan Rencana Pemberian Bekal Ketrampilan

“Untuk sterilisasi gereja-gereja yang kedudukannya di berbagai ibukota kecamatan lain di luar Kota Wonogiri, dilakukan oleh masing-masing jajaran Polsek setempat,” ujar dia.

Bersamaan itu, tim juga melakukan upaya sterilisasi pengamanan di sejumlah obyek vital seperti stasiun KA, terminal bus, terminal angkudes dan terminal angkot, kantor- kantor perbankan dan pertokoan termasuk toko emas, dan pasar sebagai pusat perniagaan masyarakat. Upaya pengamanan dengan melakukan sterilisasi gereja dan obvit ini, dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya terhadap kemunculan gangguan Kamtibmas dari pihak-pihak yang berkeinginan mengacaukan suasana perayaan Paskah 2021.

Baca Juga :  Perantau Wonogiri Diprediksi Tetap Pulang Kampung Meskipun Ada Larangan Mudik Lebaran 2021, Supaya Tidak Melanggar Begini Cara Menyiasatinya

“Unit-unit satuan yang terlibat dalam tim gabungan pengamanan Paskah, terdiri atas parapersonel Samapta, yakni Timsus Harimau bersama unit lain. Khusus untuk unit K-9, yang menyertakan anjing pelacak, melibatkan personil yang berkemampuan pawang anjing pintar,” tegas Kapolres. Aria