JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Temui Keluarga Kru KRI Nanggala-402, Presiden Jokowi Janji Bangunkan Rumah: Terserah Bisa di Gresik, Sidoarjo, atau Tempat Lain

Presiden Joko Widodo. Foto: YouTube/ Sekretariat Presiden
PPDB
PPDB
PPDB

SIDOARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo menjanjikan bantuan berupa rumah yang akan dibangun bagi keluarga prajurit TNI AL yang gugur dalam tragedi tenggelamnya KRI Nanggala-402.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi saat menemui perwakilan keluarga dari 53 kru KRI Nanggala-402 yang gugur dalam tugas.

Dalam kesempatan silaturahim yang berlangsung di Lanudal Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (29/4/2021) pagi itu, Jokowi turut menyampaikan secara langsung rasa dukacita kepada keluarga prajurit.

Terkait bantuan rumah untuk keluarga kru KRI Nanggala-402, Presiden Jokowi menyerahkan mekanisme pembangunan rumah ini kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana Yudo Margono.

“Dari kami nanti ibu-ibu sekalian akan juga dibangunkan rumah yang tempatnya kami nanti mengikuti ibu-ibu semuanya. Terserah bisa di Gresik, bisa di Sidoarjo, atau di tempat lain. Dan, mekanisme ini tolong nanti juga Pak Kasal dan Panglima bisa mengaturnya sesegera mungkin sehingga bisa segera kita laksanakan,” ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menjanjikan jaminan pendidikan terhadap putra-putri prajurit yang gugur hingga perguruan tinggi. Presiden pun menitipkan pesan kepada Panglima TNI dan KASAL untuk memastikan seluruh mekanisme dan manajemennya tertata rapi ke depannya.

“Pemerintah juga memberikan penghargaan kenaikan pangkat, satu tingkat atas pengorbanan beliau-beliau kepada negara dan juga kemarin sudah kita sampaikan untuk putra-putri dari ibu sekalian akan diatur oleh negara agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi,” pesan Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, kapal selam milik TNI AL, KRI Nanggala-402 hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) saat melakukan misi latihan penembakan torpedo di perairan utara Pulau Bali. Kapal selam yang membawa 53 kru tersebut dinyatakan tenggelam dan seluruh kru gugur pada Minggu (25/4/2021).

#Republika.co.id