JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Wah, Ternyata Ada 21 Juta Data Ganda Penerima Bansos! Kemensos Langsung Nonaktifkan

Menteri Sosial Tri Rismaharini
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemutakhiran data melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) ternyata menghasilkan angka yang cukup mencengangkan.

Yakni, ada sebanyak 21 juta data ganda penerima bantuan sosial! Karena itulah, Kementerian Sosial (Kemensos) telah menonaktifkan 21 juta data ganda tersebut.

“New DTKS ini, karena kita melakukan pengontrolan data, sehingga ada hampir 21,1 juta data yang kita tidurkan,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam konferensi pers, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga :  Pengamat Sebut, Jokowi ke Medan untuk Bantu Menantunya Bobby yang Akan Maju Pilgub 2024

Menurut Risma, sebelum dilakukan pemutakhiran, banyak masyarakat penerima bantuan yang memiliki data ganda.

Akibatnya, satu orang warga bisa tercatat dalam berbagai program bantuan. Dengan adanya pemutakhiran ini, data yang dihimpun sudah tunggal sehingga penerima bantuan diharapkan tepat sasaran.

Ke depan, setiap bulan Kemensos akan meminta laporan pembaharuan dari pemerintah daerah untuk kemudian diverifikasi lewat data dari Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Baca Juga :  Antisipasi Situasi Geopolitik dan Dampak Ekonomi Usai Serangan Iran ke Israel, Ini Strategi yang Diambil Menkeu Sri Mulyani

Kemensos juga akan menggandeng perguruan tinggi memberikan masukan untuk memutuskan kepantasan penerima Bansos.

“Masukan perguruan tinggi akan menjadi pertimbangan Kementerian Sosial dalam memutuskan kepantasan kepesertaan dalam program bantuan sosial,” tuturnya.

Data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun masih dalam proses dapat diakses melalui aplikasi berbasis web di http://cekbansos.kemensos.go.id.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com