JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Yaqut dan Yenny Wahid Disebut-sebut Layak Jadi Kandidat Pengganti Cak Imin

Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama. Foto: Instagram
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Polemik internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan munculnya isu Muktamar Luar Biasa (MLB) makin menghangat.

Spekulasi nama-nama pengganti Muhaimin Iskandar (Cak Imin) pun bermunculan. Dua nama di antaranya yang sempat muncu ke permukaan adalah Yaqut Cholil Qoumas dan Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid.

Hal itu diungkapkan oleh mantan Ketua DPC PKB Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Ahmad Zamakhsyari.

โ€œDua nama ini merupakan aspirasi dari kader-kader daerah,โ€ ujarnya.

Ahmad menceritakan bahwa hal itu bermula dari kekecewaan kader daerah karena banyak pelanggaran terhadap anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai hasil Muktamar di Bali, penggantian DPC dan DPW yang sepenuhnya diambil alih DPP.

Baca Juga :  MK Sebut Dalil Presiden Intervensi Pencalonan Gibran Tak Beralasan Secara Hukum

“Dan riak-riak seperti itu mengarah kader-kader di bawah menginginkan Mbak Yenny dan Gus Yaqut untuk bisa tampil sebagai ketua umum atau Sekjen,” kata Ahmad kepada Tempo, Senin (19/4/2021).

Menurut Ahmad, aspirasi kader daerah juga merupakan keinginan dirinya sebagai mantan Ketua GP Ansor cabang Karawang.

“Saya enggak kenal sama Gus Yaqut kan. Anggap lah semua itu hanya keinginan seorang kader Ansor lama kepada beliau-beliau yang hari ini duduk di pengurus pusat,” ujarnya.

Nama Yenny Wahid dan Yaqut sebelumnya digadang-gadang menjadi pengganti Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai ketua umum.

Baca Juga :  Wilayah Pacitan Diguncang Gempa Magnitudo 5.1, Ini Penjelasan BMKG

Dalam pemberitaan Majalah Tempo edisi Senin, 19 April 2021, nama keduanya beredar di kalangan pengurus dan mantan pengurus PKB di daerah. Foto Yenny dan Yaqut juga terpampang dalam poster digital bertulisan “2021 saatnya PKB kembali ke Ciganjur”.

Namun Gus Yaqut membantah kabar ia bermanuver mendorong muktamar luar biasa.

“Kok tiba-tiba dikesankan seolah-olah saya ada masalah atau sedang bermasalah. Enggak ada. PKB tuh kompak. Coba cek, PKB tuh solid,” katanya usai menemui Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com