JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

6 Makanan ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Alpukat. Pexels
PPDB
PPDB
PPDB

JOGLOSEMARNEWS.COM — Penyakit diabetes bisa timbul karena berbagai faktor, salah satunya karena gaya hidup. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal perlu dilakukan diet.

Bagi penderita pradiabetes, diabetes dan kondisi lain yang mempengaruhi kondisi gula darah, diet makanan yang tepat bisa mengoptimalkan kontrol gula darah sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari Healthline, ini enam bahan makanan yang bisa membantu menurunkan tinggi kadar gula darah:

Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane yang memiliki sifat penurunan gula darah. Penelitian tabung reaksi pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa ekstrak brokoli yang kaya akan sulforaphane memiliki efek antidiabetik yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi gula darah dan penanda stres oksidatif.

Seafood

Makanan laut termasuk ikan dan kerang menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat membantu mangatur kadar gula darah. Protein pada makanan laut berperan mengontrol gula darah, memperlambat pencernaan, mencegah lonjakan gula darah pasca makan dan meningkatkan perasaan kenyang. Efek kenyang ini dapat mencegah Anda makan berlebihan yang dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah dan kenaikan berat badan.

Kacang

Penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Sebuah penelitan pada 25 orang dengan diabetes tipe dua menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang dan almond sebagai diet rendah karbohidrat mengurangi kadar gula darah puasa dan pasca makan.

Kimchi
Makanan fermentasi kimchi mengandung senyawa probiotik, mineral dan antioksidan yang dikaitkan dengan peningkatan gula darah dan sensitivitas insulin. Studi pada 21 orang dengan pradiabetes menemukan bahwa makan kimchi yang difermentasi selama 8 minggu meningkatkan toleransi glukosa pada 33 persen peserta, sementara hanya 9,5 persen peserta yang mengkonsumsi kimchi segar menunjukkan peningkatan toleransi glukosa.

Buah Berry
Buah berry kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang telah dikaitkan dengan pengelolaan gula darah. Sebuah studi 2019 menemukan bahwa makan 2 cangkir (250 gram) raspberry merah yang dimakan bersamaan dengan makanan tinggi karbohidrat secara signifikan mengurangi insulin pasca makan.

Sejenis berry lainnya, termasuk stroberi, blueberry, dan blackberry dapat dimanfaatkan sebagai manajemen gula darah yang meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, serat, vitamin dan mineral yang terbukti meningkatkan kadar gula darah. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi perkembangan sindrom metabolik yang merupakan sekelompok kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi.

Selain enak, ternyata enam jenis makanan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. #tempo

[sharethis-reaction-buttons]