JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Dampak Penyekatan Jalur di Mana-Mana, Pengelola Jalan Tol Solo-Ngawi Ungkap Jumlah Pengguna Jalan Tol Anjlok Drastis Hingga 70 %. Rapid Tes Antigen Juga Bikin Pengendara Ketakutan

Situasi kendaraan di jalan Tol Solo-Ngawi terpantau sepi di ruas Sidoharjo, Sragen selama arus mudik 2021. Foto/Wardoyo
PPDB
PPDB
PPDB

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemberlakuan penyekatan terhadap kendaraan pemudik berdampak signifikan terhadap pengunaan jalan tol.

Jumlah kendaraan yang melintas di ruas jalan Tol Solo-Ngawi dilaporkan mengalami penurunan yang cukup signifikan hingga 70 persen dari normal.

Dari 14.000 kendaraan setiap hari, saat ini hanya 6000 kendaraan. Bahkan saat hari raya Idul Fitri, jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 3.500 kendaraan per hari.

Fakta itu diungkapkan manager Pengendalian Operasi PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) Imam Zarkasi Minggu (16/05/2021). Kepada wartawan, ia mengatakan penurunan tersebut terjadi karena terjadi penyekatan di mana-mana.

Baca Juga :  Seperti Ini  Kronologi Merebaknya  Covid-19  Klaster Pijat Di Desa Ngringo, Jaten Karanganyar

Kebijakan pemeriksaan kesehatan berupa rapid test antigen yang dilakukan selama 24 jam di sejumlah ruas jalan juga menjadi faktor yang membuat pengendara enggan melintas di jalan tol.

“Penurunan mencapai 70 persen jika dibandingkan dengan kondisi normal,” paparnya.

Secara keseluruhan, Imam menyebut total kendaraan yang melintas di ruas tol Solo-Ngawi dari tanggal 6 sampai 14 Mei 2021 sebanyak 52.292 kendaraan.

Disisi lain, penurunan jumlah kendaraan yang melintas juga berdampak pada angka kecelakaan yang terjadi.

Baca Juga :  Keberangkatan Haji Resmi Dibatalkan, Kemenag Karanganyar Imbau Jemaah Tak Buru-Buru Tarik Dananya. Ini Yang Dikhawatirkan!

Selama penyekatan terjadi, Imam menuturkan hanya terjadi dua kecelakaan ringan dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Imam menambahkan, untuk arus balik, pihaknya memprediksikan akan terjadi pada hari Minggu (16/05/2021).

Tanda-tanda peningkatan arus kendaraan mulai terlihat. Pada hari Sabtu (15/05/2021) kendaraan yang melintas sebanyak 4.000 kendaraan.

“Mulai ada peningkatan. Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap menjaga kesehatan. Siapkan dokumen perjalanan termasuk surat bebas Covid-19. Karena sepanjang tol Trans Jawa ada pemeriksaan rapid test antigen,” pungkasnya. Wardoyo

[sharethis-reaction-buttons]