JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dicopot Gibran Karena Pungli, Spanduk Dukungan untuk Lurah Gajahan Bermunculan: #WeTrustSuparno’, ‘#SaveLurah’, Lurah Hebat Kok Dipecat !!!

Spanduk dukungan untuk Lurah Gajahan Solo, Suparno. Foto: Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pencopotan Lurah Gajahan, Suparno oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akibat kasus pungli memunculkan fakta baru.

Suparno resmi dibebastugaskan mulai Senin (3/5/2021) akibat praktik pungli berkedok zakat kepada pedagang dengan total Rp 11,5 juta.

Sikap tegas itu membuat Gibran banjir dukungan untuk memberantas praktik serupa.

Meski demikian, dukungan ternyata juga mengalir untuk sang Lurah Gajahan. Hal tersebut setelah munculnya sejumlah spanduk yang terpasang di sekitar kelurahan.

Beberapa foto spanduk itu tersebar di grup-grup whatsapp.

Baca Juga :  Sepekan Penyekatan, Polresta Solo Putar Balik 273 Kendaraan

Belum diketahui siapa yang memasang, beberapa spanduk itu bertuliskan ‘Lurah Hebat Kok Dipecat? Dimana Hati Nurani?’.

Kemudian ‘#WeTrustSuparno’, ‘#SaveLurah’, Jadi Warga Jangan Manja, Lurah Hebat Kok Dipecat !!!, hingga #SaveLinmas.

spanduk dukungan lurah
Poster dukungan untuk lurah Gajahan, Suparno. istimewa

Sebelumnya Gibran Rakabuming Raka dengan tegas telah membebastugaskan Lurah Gajahan yang diduga melakukan pungutan dengan modus zakat.

“Hari Senin, (3/4/2021) dibebastugaskan. Habis ini nantinya semua akan diproses oleh Inspektorat dan dinas terkait,” kata Gibran Rakabuming Raka saat ditemui usai Upacara Hari Pendidikan Nasional di Balaikota Solo, Minggu (2/5/2021).

Baca Juga :  Perlahan Namun Pasti, Kasus Covid-19 Solo Kembali Merangkak Naik

Uang yang terkumpul sebesar Rp 11,5 juta juga dikembalikan ke pemiliknya. Kebanyakan itu pengusaha atau pemilik-pemilik toko di wilayah Kelurahan Gajahan, karena memang wilayah Gajahan banyak terdapat toko-toko.

“Uangnya kita kembalikan semua satu persatu. Jumlah tokonya itu banyak sekali, kan jumlah Rp11,5 juta satu toko bisa Rp 10.000, Rp 20.000, hingga Rp 50.000 dan itu dikalikan saja,” ujar dia. Prabowo