JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Tuntut Gaji dan THR, Ribuan Buruh Pan Brother Demo. Bakar Baju dan Kaos  hingga Nggleyer Motor

Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ribuan buruh PT Pan Brother di Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo, Boyolali menggelar aksi  demo, Rabu (5/5/2021) siang.

Mereka menuntut pembayaran gaji dan THR!

Saat aksi, para buruh semula hanya berada di lingkup perusahaan saja. Namun kemudian, mereka bergerombol di jalan depan perusahaan.

Mereka terus menyuarakan tuntutan pembayaran gaji bulan April 2021  yang harus diterimakan awal bulan Mei ini.

Selain itu,  para buruh juga membakar kaos dan baju seragam. Sebagian buruh menggeber motornya dan berjalan hilir mudik di jalan raya depan perusahaan. Praktis, jalan raya alternatif Boyolali – Teras macet.
Kendaraan dari arah barat dialihkan ke utara masuk ke jalan raya Solo- Semarang di Mojosongo. Ada pula yang berbelok ke selatan ke jalur arah Klaten.

Baca Juga :  Antar Penumpang, Driver Ojol Ini Diancam Pakai Celurit Oleh Residivis dan Motornya Dirampas. Polisi Boyolali Gerak Cepat Meringkus Pelaku

Sedangkan dari arah timur, pengguna jalan memilih melintas lewat pertigaan Randusari, Kecamatan Teras.

Petugas Dalmas Polres Boyolali pun turut melakukan pengamanan.
Menurut buruh, aksi demo dipicu langkah manajemen yang dinilai memberatkan para buruh.

Pasalnya, gaji bulan April yang seharusnya dibayar awal bulan Mei, ternyata diputuskan sepihak untuk dibayar dua kali.

“Yang separuh dibayar tangal 5, namun yang kedua belum diketahui bakal dibayar kapan,” ujar salah satu buruh yang enggan disebut namanya.

Baca Juga :  Pengendara Motor di Bawah Umur Tewas Tertabrak Truk Tangki BBM. Korban Terjatuh Saat Mendahului Motor Sebelum Tertabrak Truk

Buruh yang lain menambahkan, selain masalah gaji, persoalan yang mencuat adalah pembayaran THR. Sesuai kesepakatan, THR dibayar dengan cara dicicil empat kali. Namun secara sepihak perusahaan memutuskan pembayaran THR dicicil hingga lima kali.

“Ini masalah perut, tidak bisa ditunda,” ujarnya.

Terkait masalah itu, pihak perusahaan belum bisa dimintai keterangan. Namun ditemui terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Dinkopnaker) Boyolali, M Syawaludin membenarkan adanya aksi demo yang dipicu pembayaran gaji dan THR.

“Iya benar, ada demo. Tak hanya di Pan Brother Mojosongo, namun juga di Pan Brother yang berada di wilayah Kecamatan Klego,” ungkap dia. Waskita