JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Unik, Idul Fitri 2021 Bertepatan dengan Hari Raya Kenaikan Isa Almasih

Ilustrasi melihat Hilal / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Idul Fitri 1442 H tahun 2021 ini terbilang cukup unik, karena bertepatan dengan hari raya kenaikan Isa Almasih bagi umat Kristiani.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Syawal 1442H/2021M atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis (13/5/2021).

Dengan demikian, Hari Raya Idul Fitri tahun ini bersamaan dengan Perayaan Kenaikan Isa Almasih.

Penetapan itu didasarkan pada sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta,  Selasa (11/5/2021).

“Sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021,” ujar Yaqut dalam konferensi pers, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga :  Ide Presidential Club, Dahnil Anzar Yakin Prabowo Mampu Cairkan Komunikasi Jokowi-Megawati-SBY

Pakar astronomi dari Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya sebelumnya memaparkan bahwa tidak ada referensi empirik visibilitas (ketampakan) hilal awal Syawal 1442 H yang teramati di seluruh wilayah Indonesia pada Selasa, 11 Mei 2021.

Kemenag melakukan pengamatan hilal di 88 titik di seluruh Indonesia.

“Semua wilayah Indonesia memiliki ketinggian hilal negatif antara minus 5,6 sampai dengan minus 4,4 derajat. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari,” ujar Cecep lewat keterangan tertulis, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga :  Bawa Pengurus PAN se-Indonesia Sowan ‘King Maker’ Jokowi, Zulhas:  Beliau Owner PAN

Berdasarkan sidang Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) kriteria imkanurrukyat disepakati adalah minimal tinggi hilal dua derajat, elongasi minimal 3 derajat, dan umur bulan minimal delapan jam setelah terjadi ijtima’.

Sehubungan itu, kata Cecep, karena ketinggian hilal di bawah dua derajat bahkan minus, maka tidak ada referensi pelaporan hilal jika hilal awal Syawal teramati di wilayah Indonesia.

Menurut perhitungan hisab, awal Syawal 1442 H atau Idul Fitri jatuh pada Kamis (13/5/2021), yang kemudian dikonfirmasi hasil rukyat dan keputusan sidang isbat Selasa petang.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com