JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Pemerintah Bakal Hapus Dewan Pers, Komisi Informasi dan KPI Bikin Gerah, Ini Bantahan Menteri Tjahjo Kumolo

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo saat perkenalan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Veranda Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/ 2019) / tempo.co
PPDB
PPDB
PPDB

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Isu mengenai rencana pemerintah yang bakal membubarkan lembaga Dewan Pers, Komisi Informasi dan Komisi Penyiaran mau tak mau membuat gerah bagi kalangan insan media.

Namun, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo membantah isu tersebut.

Dia menegaskan  tidak akan membubarkan Dewan Pers.   Sebelumnya kabar yang beredar, pemerintah bakal  membubarkan tiga lembaga negara.

Ketiga lembaga yang disebut-sebut akan dibubarkan itu adalah Dewan Pers, Komisi Informasi, dan Komisi Penyiaran.

“Tidak pernah menyebut lembaga, apalagi dewan pers lembaga penting dan harus ada,” kata Tjahjo kepada Tempo pada Rabu (9/6/2021).

Sebelumnya, di salah satu kolom opini di sebuah media disebutkan Menteri Tjahjo akan membubarkan Lembaga Negara Nonstruktural. Penulis kolom itu menduga lembaga yang akan dibubarkan adalah Dewan Pers, Komisi Informasi, dan Komisi Penyiaran.

Tjahjo menuturkan memang menyebut soal perampingan atau integrasi saat rapat kerja dengan Komisi II DPR pada Selasa, 8 Juni 2021. Namun, kata dia, yang dimaksud adalah menggabungkan posisi eselon di bawah kementerian. 

“Misal di Kementerian Dalam Negeri ada badan yg menampung 3 eselon 1 maka bisa diintegrasikan dengan eselon I kementerian, tapi karena UU bukan maka prosesnya harus kajian bersama DPR,” kata Tjahjo Kumolo.

www.tempo.co