JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Kasus Covid-19 Melonjak Signifikan di DIY, Objek-objek Wisata Terancam Tutup Sementara

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji / tribunnews


YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menyusul lonjakan kasus Covid-19 yang terjadid, Pemda DIY  mulai mewaspadai mobilitas wisatawan di seluruh objek wisata di wilayah DIY.

Demikian dikatakan oleh Sekda DIY ,Kadarmanta Baskara Aji. Dia  mengatakan, tidak menutup kemungkinan tempat-tempat wisata ditutup sementara jika kasus Covid-19 tidak kunjung turun.

Aji sapaan akrabnya ini mengatakan, penutupan obyek wisata di DIY menjadi salah satu alternatif apabila kasus harian tetap saja tinggi.

“Saya kira salah satu alternatif (penutupan tempat wisata), nanti kalau kita lihat perkembangan pesat ini tidak berhenti-berhenti dan kita sinyalir juga berasal dari rumah tangga tapi rumah tanga salah satunya itu berasal dari tempat wisata,” kata Aji di Kepatihan Pemda DIY, Jumat (18/6/2021).

Baca Juga :  Mayoritas Pasien Covid-19 di DIY Meninggal di Rumah Sakit, Selebihnya Saat Isoman di Rumah

Penutupan obyek wisata menurutnya sangat dimungkinkan, karena selama ini dengan adanya pembatasan kapasitas sebanyak 10 hingga 25 persen dinilai oleh pelaku industri wisata tidak menjangkau biaya operasional.

“Saya kira kalau dibuka 10 persen atau 25 persen itu kan juga ora cucuk (tidak cocok) biaya operasionalnya,” jelas Aji.

Aji berpesan, penutupan obyek wisata itu dapat dilakukan apabila tempat wisata tersebut berada dalam zona merah Covid-19.

“Paling tidak dari zona merah harus kami tutup,” terang Aji.  

www.tribunnews.com