JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menkes: Kasus di Kudus, DKI Jakarta dan Bangkalan Didominasi Varian Covid dari India

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden via Tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kasus Covid-19 melonjak di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya yang cukup fenomenal adalah kasus di Kudus, Jawa Tengah.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, virus yang berjangkit di kudus tak lepas dari varian virus Covid-19 B.1.617.2 atau disebut juga varian Delta dari India.

Menkes menyebutkan, selain di Kudus, varian baru asal India tersebut juga ditemukan di DKI Jakarta dan Bangkalan.

“Kami tadi melaporkan kepada beliau (Presiden) di beberapa wilayah seperti di Kudus, DKI Jakarta, Bangkalan memang sudah terkonfirmasi Varian Delta B.1617.2 atau juga varian dari India mendominasi,” ujar Budi Gunadi dalam konferensi pers daring seusai rapat terbatas dengan Presiden, Senin (14/6/2021).

Baca Juga :  Beredar Video Aksi Demo Rusuh Hari Ini di Jakarta. Jangan Kaget Lihat Faktanya!

Menanggapi situasi itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Budi, memberikan dua perintah. Pertama, agar implementasi di lapangan terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro atau PPKM mikro bisa diperketat.

Kedua, melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19. “Beliau meminta vaksinasi 700 ribu per hari bulan ini bisa disentuh, kemudian 1 juta untuk bulan depan bisa tercapai,” ujar Budi.

“Karena varian baru ini penularannya lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan. Perlu dua hal itu dipercepat,” ujarnya.  

Baca Juga :  PKB Setuju PPKM Darurat Diperpanjang, Syaratnya Jangan Luhut yang Mimpin

www.tempo.co