JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cara Membersihkan Daging yang Terselip di Gigi secara Aman, Jangan Gunakan Tusuk Gigi

Ilustrasi daging merah. Foto: pixabay.com

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pada momen Idul Adha selalu identik dengan berbagai makanan berbahan dasar daging, baik sapi ataupun kambing.

Memang sangat nikmat makan berbagai macam masakan daging, seperti sate, tongseng, tengkhleng dan masih banyak lagi.

Tetapi saat makan atau setelah makan sering kali terselip sisa daging di sela-sela gigi sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Hal tersebut bisa terjadi pada setiap orang dan tentunya akan mengganggu kenikmatan menyantap olahan daging.

Banyak orang akan menggunakan tusuk gigi untuk menghilangkan daging yang terselip tersebut.

Tetapi, menurut Kussulistyowati Putri, dokter spesialis gigi dari RSUP Persahabatan, kebiasaan memakai tusuk gigi justru bisa menimbulkan masalah.

“Bahaya penggunaan tusuk gigi, dapat menyebabkan gusi berdarah, merusak enamel gigi, menyebabkan bau mulut dan membuat jarak antar gigi,” katanya dikutip dari laman resmi RSUP Persahabatan, Selasa, (20/7/2021).

Baca Juga :  Stigma Daging Kambing Dapat Memicu Hipertensi, Begini Penjelasan Ahli

Berikut ini adalah cara mengatasi sisa daging yang terselip di gigi :

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi merupakan suatu solusi yang paling mudah untuk Anda lakukan. Selain dapat membersihkan sisa daging yang menyelip, menyikat gigi juga dapat menjaga kebersihan mulut setelah mengonsumsi makanan.

2. Kumur-Kumur

Kumur-kumur juga dapat dilakukan untuk membersihkan daging yang ada pada sela-sela gigi. Berkumur menggunakan air garam bisa menjadi solusi bagi Anda.

3. Flossing

Penggunaan sikat gigi saja tidak cukup karena ada bagian yang tidak dapat dijangkau. Pengunaan benang gigi atau dental flossing diperlukan.

“Kombinasi dari good tooth brushing yang dikombinasikan dengan penggunaan dental floss terbukti secara klinis mampu meningkatkan pembersihan sela-sela gigi,” ucap Kussulistyowati. #tempo