JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hati-hati, Kasus Penipuan Donor Plasma Konvalesen Sedang Marak, Ini Tips Menghindarinya

ilustrasi donor darah / pixabay


SIDOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Di tengah pandemi Covid-19 ini, masyarakat diminta tetap waspada, karena kasus penipuan kini sudah menyangkut masalah kesehatan. Yakni kasus pemalsuan donor plasma konvalesen yang sekarang sedang langka.

“Ada informasi, bahwa ini menjadi ajang bisnis. Masyarakat kami minta berhati-hati,” kata Sekretaris PMI Jawa Timur, Edi Purwinarto, seperti dikutip dari Tribunnews, Rabu (28/7/2021).

Edi menjelaskan, pelaku memanfaatkan situasi kalut para pasien dengan menawarkan donor plasma berdasarkan informasi yang mereka dapat, misalnya dari whatsapp.

Baca Juga :  Sakit Hati karena Sering Dihina, Pria di Tuban Bacok Tetangganya, Langsung Menyerahkan Diri ke Polisi

Saat ini bagi keluarga pasien Covid-19, cara termudah mendapatkan donor plasma ialah dengan membagikan pesan broadcast melalui grup whatsapp atau media sosial lain.

Advertisement

“Di grup-grup WhatsApp, sekarang banyak beredar. Bagi yang membutuhkan, silakan menghubungi: namanya ini, nomornya ini, golongan darahnya ini. Keluarga korban yang memang sedang membutuhkan plasma akhirnya menghubungi. Di sini peluangnya bagi pelaku,” ujarnya.

Baca Juga :  Lima Provinsi Ini Masih Kedodoran Kejar Target Vaksinasi Covid-19, Masih di Bawah 20 Persen

Terdapat satu kasus keluarga pasien di Sidoarjo tertipu. Mereka sudah transfer, tetapi pendonornya tidak ada.

Tak hanya melalui media sosial, terdapat pula pelaku yang nekat mendekati keluarga pasien di rumah sakit dengan memanfaatkan kepanikan keluarga. Bahkan, ada juga oknum yang menyebar brosur dengan harga tertentu.

Halaman:   1 2 Semua