JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Jalani KKN, Mahasiswa Undip Door to Door Ajarkan Pelatihan Software Statistika untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Fida Fauziyyah, mahasiswa Undip tengah mengajari statistika pada mahasiswa tingkt akhir dalam program KKN yang dia jalani / Dok Pribadi
   

BATANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Kuliah Kerja Nyata (KKN) biasanya memiliki sasaran masyarakat, baik untuk program-program fisik maupun program non fisik.

Namun, KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Statistika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (Undip), Fida Fauziyyah ini sangat berbeda.

Di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr Ir Cahya Setya Utama, SPt., M.Si., IPM, Fida memberikan edukasi tentang statistika dan membantu pengolahan data menggunakan software SPSS pada Minggu (25/7/2021).

KKN yang dilakukan secara door to door  di Desa Kepuh, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang itu mengambil sasaran para mahasiswa tingkt akhir.

Dalam rilisnya ke Joglosemarnews, Fida menjelaskan, KKN bertema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) itu berlangsung sejak 30 Juni 2021 dan akan berakhir 12 Agustus 2021.

Kegiatan tersebut diadakan untuk memberikan bekal ilmu kepada mahasiswa tingkat akhir untuk mengelola data statistik yang digunakan untuk tugas akhir atau kebutuhan lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Fida memberikan pelatihan secara door to door kepada mahasiwa tingkat akhir. Dia mengajarkan materi mengenai uji beda paramaterik menggunakan software SPSS.

Dalam program tersebut, tersedia modul yang ditulis oleh Fida Fauziyyah mengenai materi dan langkah-langkah analisis dengan software SPSS.

“Pelatihan ini sangat membantu saya lebih paham mengenai cara pengolahan data secara cepat dan efisien. Saya juga bisa memanfaatkannya sebagai media dalam pengerjaan tugas akhir maupun keperluan lainnya,” ujar Syifa, salah satu mahasiswa yang mengikuti pelatihan tersebut.

Lebih jauh Fida menjelaskan, selama masa pandemi Covid-19 ini, perkuliahan dilakukan secara daring. Dengan model semacam ini, diakui atau tidak, banyak mahasiswa yang merasa kurang konsentrasi atau fokus karena suasana lingkungan yang kurang mendukung.

Terlebih lagi untuk mata kuliah yang selama ini dianggap sulit oleh mahasiswa, yakni statistika. Banyak yang beranggapan bahwa belajar statistika itu menakutkan dan rumit.

“Padahal bagi mahasiswa, mata kuliah statistika sangat penting karena akan sangat berguna ketika menyusun skripsi bagi mahasiswa S1, menyusun tesis bagi mahasiswa S2, dan menyusun disertasi bagi mahasiswa S3. Dalam hal ini, pengetahuan statistika dipakai dalam menyusun metode penelitian,” ujar Fida.

Atas kenyataan tersebut, Fida terdorong untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa tingkat akhir yang merasa kesulitan dengan materi statistika. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com